Nah, Akhirnya Rio Capella Ngaku Dapat Duit Buat Ngopi Rp200 Juta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Nah, Akhirnya Rio Capella Ngaku Dapat Duit Buat Ngopi Rp200 Juta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella akhirnya mengakui bahwa dirinya telah menerima uang sebesar Rp 200 juta. Uang sebanya k itu diterimanya dari istri muda Gatot Pujo Nugroho, Evy Susanti, katanay untuk biaya ‘ngopi-ngopi’ dan sarapan.

“Ya saat itu saya tanyakan ke Sisca, ini uang apa? Dia jawab uang ngopi-ngopi sama breakfast,” kata Rio Capella di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jl Bungur Raya, Jakpus, Senin (30/11/2015).

Meski tetap membantah, Rio mengaku uang tersebut diterimanya pada bulan Mei 2015 saat pertemuan dengan Fransisca Insani Rahesti di sebuah cafe di dekat Planet Hollywood.

“Saya tidak pernah meminta uang, saya juga tidak tahu uang itu untuk apa,” jelas Rio.

Tapi bantahan itu diragukan Hakim Ketua, Artha Theresia Silalahi. Artha kemudian mencecar Rio soal pesan Whatsapp ke Sisca.

“Maksud pesan WA (WhatsApp) Anda ke Sisca ini apa ‘Kok minta ketemu terus Sis? Aku kan sibuk, jadi harus menyishkan waktu. Ketemu terus memangnya kegiatan sosial? Tetapi jangan sampai mereka pikir aku yang minta loh Sis’,” tanya Hakim Artha.

“Itu maksudnya agar tidak ada kesan saya yang meminta ketemu bu,” jawab Rio.

BACA JUGA: Johan Budi Kaget DPR dan Presiden Akan Revisi UU KPK

Mendengar jawaban yang tidak memuaskan dari Rio, Artha kembali mencecar, sebab pesan WA itulah yang menjadi dasar Sisca meminta uang Rp 200 juta ke Evy Susanti untuk diberikan ke Rio Capella.

“Saya sudah bilang dari tadi, kalau mau bohong itu jangan ketahuan. Ini kan jelas sekali, di awal kalimat saudara terdakwa sudah mempertanyakan kenapa minta ketemu terus. Lalu kata kegiatan sosial berarti kan tidak menghasilkan profit, lalu kata ‘jangan sampai mereka pikir aku yang minta’ masak dimaksudkan yang meminta bertemu. Tidak masuk akal ini,” cecar Artha.

Untuk diketahui, sebelumnya Gubernur nonaktif Sumut Gatot Pujo Nugroho mengakui adanya pemberian duit Rp 200 juta ke eks Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella melalui Franssica Insani Rahesti. Duit ini sebagai imbalan atas upaya Rio memfasilitasi islah dengan Wagub Sumut-kini Plt Gubernur-Tengku Erry Nuradi.

“Permintaan Sisca katanya atas permintaan Pak Rio Capella, yang tersampaikan untuk ngopi-ngopi.  Ngopi dalam artian minum kopi
bahasa simbol, (dalam) tanda petik jasa untuk mediasi islah,” kata Gatot Pujo bersaksi dalam sidang lanjutan Rio Capella di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jl Bungur Besar, Jakpus, Senin (23/11). (ril/pojoksatu)

Click to comment
To Top