Akhirnya, Komisi III Sepakat Uji Capim KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Akhirnya, Komisi III Sepakat Uji Capim KPK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi III DPR akhirnya memutuskan untuk tetap menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test bagi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keputusan itu diambil dalam rapat pleno Komisi III yang digelar Senin (30/11) malam.

“Keputusannya lanjut fit and proper test,” ujar Wakil Ket‎ua Komisi III DPR, Desmond J. Mahesa usai rapat pleno di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Desmond menegaskan, keputusan Komisi III DPR untuk melanjut fit and proper test bagi capim KPK itu sudah bulat. “Tidak  ada yang menolak, ‎kalau sudah satu, putusannya satu,” tandasnya.

Karenanya, Komisi III DPR pada Selasa (1/12) akan menggelar kegiatan pra-fit and proper test capim KPK. Yakni dengan membuat pengumuman di media tentang uji kepatutan dan kelayakan dilanjutkan.

Tahap selanjutnya setelah pengumuman adalah pembuatan makalah oleh para capim KPK. Tahapan itu direncanakan pada tangga 3 atau 4 Desember. Sedangkan untuk pelaksanaan fit and proper test akan berlangsung mulai 14-16 Desember. Pada akhir tahap fit and proper test itu Komisi III DPR akan memilih capim KPK.

Namun, soal capim KPK yang akan dipilih, Desmond tak berani memastikannya. Sebab, pemilihan akan tergantung pada proses fit and proper test. “Lihat dulu orangnya secara detail, apakah layak. Kalau sesuai undang-undang pilih lima, tapi kalau nggak layak masa kita pilih?” ujar politikus Gerindra itu.

Ditanya soal sikap Komisi III DPR sebelumnya yang mempersoalkan tidak adanya capim KPK berlatar belakang jaksa, Desmond mengatakan hal itu akan diputuskan belakangan. “Itu nanti. Kita kan lihat dulu, ada nggak orang yang paham menuntut, mendakwa, itu semua ada gak,” terangnya. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top