Bakal Seru! Sudirman Said Ngaku Punya Rekaman Lengkap ‘Papa Minta Saham’ – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Bakal Seru! Sudirman Said Ngaku Punya Rekaman Lengkap ‘Papa Minta Saham’

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri ESDM Sudirman Said mengaku punya rekaman lengkap tentang pertemuan Ketua DPR Setya Novanto, pengusaha Riza Chalid dengan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Maroef Sjamsoedin.

Rekaman yang kini dikenal dengan skandal Papa Minta Saham itu saat ini diproses Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. “Kalau saya dipanggil saya akan serahkan apa pun. Saya punya rekaman lengkap,” kata Sudirman sebelum rapat dengan komisi VII DPR, Selasa (1/12).

Ucapan Sudirman sebenarnya bertolak belakang dengan keputusannya menyerahkan bukti pelanggaran etika Ketua DPR RI. Saat itu, durasi rekaman hanya 11.38 menit.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Sudirman Said mengaku hanya melaporkan yang berkaitan dengan substansi laporan.

“Saya laporkan poin-poin yang relevan dengan urusan saya di sektor energi dan mineral. Yang saya berikan statement‎-statement yang berkaitan dengan laporan saya, bahwa proses berikutnya perlu keterangan tambahan, saya siap,” ujar Sudirman.

Dia berharap, MKD menerapkan standar etika saat menangani perkara yang melibatkan Novanto. Sebab, DPR merupakan lembaga yang menelurkan produk-produk hukum.

“Karena itu semua rakyat berharap cara menangani ,‎prosedur yang ditempuh, MKD menjunjung tinggi standar etika. Yang fundamental adalah bagaimana etika ditegakkan,” tegas Sudirman. (fat/jpnn)

To Top