Karteker Bupati Tentukan Revisi Perbup Truk – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Karteker Bupati Tentukan Revisi Perbup Truk

FAJA.CO.ID, SUNGGUMINASA — Jam operasional truk antara Kabupaten Gowa dan Kota Makassar bisa saja selaras. Karteker Bupati Gowa, Sidik Salam penentunya.

Setelah lima fraksi DPRD Gowa telah menyatakan dukungan untuk merevisi Perbup truk, eksekutif juga ikut memberikan sinyal merevisi Perbup itu. Dinas perhubungan (Dishub) bersedia menyampaikan usulan revisi itu ke karteker Bupati.

“Jangankan perbup, Undang Undang Dasar 1945 saja bisa direvisi. Jadi itu bisa saja,” ujar Sekretaris Dishub Gowa, Abd Kadir.

Hanya saja, Kadir belum sempat bertemu dengan bupati. Dia akan menyampaikan usulan revisi Perbup itu secepat mungkin. Dishub akan siap merevisi Perbup jika sudah ada kesepakatan antara eksekutif dan legislatif. Dishub masih menunggu undangan dewan untuk membahas masalah ini.

Kadir menjelaskan, sebelum revisi dilakukan, mekanismenya dewan akan memanggil bupati dan pihak yang terkait untuk hearing atau rapat dengar pendapat (RDP). Jika hasil koordinasi itu disepakati perbup direvisi, maka barulah dijalankan.

“Ini baru akan disampaikan ke bupati, sambil menunggu petunjuk beliau selanjutnya,” imbuh Kadir.

Alasan dishub tidak bisa serta melakukan revisi, karena belum ada konsideran kesepakatan dengan dewan. Hearing penting dilakukan untuk mengetahui keinginan dewan yang mewakili masyarakat. Masukan mereka akan dibahas bersama sebelum perbup direvisi.

“Belum serta merta dilakukan. Harus dibahas dulu. Masing-masing mengemukakan argumen yang bisa dipertimbangkan,” urainya.

Ketua Fraksi PAN DPRD Gowa, Hasnah Restu, juga baru akan membahas perihal rekomendasi revisi perbup ini. Ia mengaku, hal ini belum dibicarakan dengan anggota fraksi lainnya. Mereka baru akan menggelar rapat kerja untuk membahasnya. “Nanti kita bicarakan di fraksi,” katanya.

Sekadar diketahui, dari tujuh fraksi di DPRD Gowa, sisa PAN dan PDIP yang belum menyatakan sikap perihal revisi perbup truk. Lima fraksi lainnya, Golkar, PPP, Demokrat, Gerindra, dan Gabungan, mendesak pemkab segera merevisi perbup.

“Jam operasi truk harus dipindahkan ke malam hari. Ini juga agar sinkron dengan daerah lain,” urai Wakil Ketua DPRD Gowa, Hamli Halim.(ridwan marzuki/FAJARONLINE)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top