Sawah Tergerus Perumahan, Sidrap Gagas Regulasinya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Sawah Tergerus Perumahan, Sidrap Gagas Regulasinya

FAJAR.CO.ID, SIDRAP — Banyaknya lahan pertanian di Sidrap, beralih fungsi menjadi lahan perumahan, disikapi Pemkab Sidrap. Sebuah regulasi coba dibuat guna menanggulangi penyempitan lahan pertanian itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Sidrap, Amiruddin Syam, mengatakan, diperlukan regulasi khusus guna mengatur alih fungsi lahan pertanian tersebut menjadi lahan perumahan.

“Meski belum berpengaruh pada menurunnya hasil produktivitas pertanian. Tetapi hal itu tetap penting untuk disikapi. Paling tidak ada ketentuan-ketentuan apabila ada lahan pertanian akan di alih fungsikan warga pemiliknya menjadi lahan perumahan,” kata Amiruddin, Selasa, 1 Desember.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sidrap, Ruslan, menambahkan, Pemkab Sidrap, tidak bisa berbuat banyak terhadap banyaknya peralihan fungsi lahan pertanian menjadi lahan perumahan itu, dikarenakan belum adanya regulasi terkait hal itu.

“Inilah yang sementara dibahas secara bersama bagaimana agar ada solusinya. Tentunya Pemkab Sidrap tidak boleh diam saja menanggapi maraknya alih fungsi lahan pertanian di Sidrap, berubah menjadi lahan perumahan oleh warga,” kata Ruslan.

Pemkab Sidrap, kata Ruslan akan berupaya  melahirkan rancangan peraturan daerah (Ranperda) yang mengatur soal alih fungsi lahan itu, tanpa harus merugikan pihak manapun. (edybasri/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top