Ternyata Manfaat Ajaib Kacang Kedelai Ini Belum Banyak yang Diketahui – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ternyata Manfaat Ajaib Kacang Kedelai Ini Belum Banyak yang Diketahui

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menurut sebuah studi, mengkonsumsi protein kedelai selama kehamilan bisa membantu wanita dengan diabetes gestasional mengontrol gula darah dan kadar kolesterol mereka.

“Penelitian lain telah menemukan bahwa kedelai bermanfaat dalam membantu mengatasi diabetes tipe 2 dan juga bisa membantu bumil yang memiliki diabetes selama kehamilan,” kata penulis senior Zatollah Asemi, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (1/12/2015).

BACA JUGA: Astaga! Kasus HIV/AIDS di Daerah Ini yang Paling Tinggi

Diabetes gestational sering terjadi selama pertengahan kehamilan dan biasanya bisa diatasi dengan diet sehat dan olahraga teratur, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Memiliki gula darah tinggi selama kehamilan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, bayi yang lebih besar dan peningkatan risiko C-section.

BACA JUGA: Ini Alasan Mengapa Sex Begitu MEntakitkan Bagi Wanita

Para peneliti meneliti 68 wanita hamil dengan diabetes gestasional. Semua berada di sekitar 26 minggu kehamilan mereka pada awal masa studi dan diikuti sampai mereka melahirkan.

Tim peneliti memisahkan wanita menjadi dua kelompok secara acak, kelompok pertama ditugaskan untuk diet di mana 35 persen dari protein berasal dari kedelai dan sisanya dari hewan.

Kelompok kedua ditugaskan untuk diet dengan 70 persen protein berasal dari sumber hewani seperti daging dan keju dan 30 persen dari sumber tanaman, seperti kacang-kacangan.

Para wanita mengikuti diet selama enam minggu. Mereka dalam kelompok kedelai menerima protein kedelai bertekstur yang tersedia secara komersial.

Pada akhir periode enam minggu, kadar gula darah dan insulin mengalami penurunan untuk perempuan dalam kelompok kedelai.

Trigliserida darah naik pada kedua kelompok tetapi secara signifikan lebih banyak di kelompok pembanding dibandingkan kelompok kedelai, menurut hasil dalam Journal of Endocrinology and Metabolism Clinical.

“Sedikit sulit untuk memastikan berapa banyak manfaat yang didapatkan bumil berdasarkan pada asupan kedelai,” kata Andrew Garrison dari University of Utah di Salt Lake City.

“Asupan kedelai bisa memengaruhi faktor inflamasi dalam tubuh,” kata Garrison lebih lanjut.

Sumber yang baik dari kedelai adalah susu kedelai, tahu, edamame (kedelai Jepang), kacang kedelai panggang dan beberapa protein nabati bertekstur dan satu porsi makanan ini mengandung sekitar 10 gram protein kedelai. (fny/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top