KPK Tetapkan Tiga Tersangka Hasil OTT Tangsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

KPK Tetapkan Tiga Tersangka Hasil OTT Tangsel

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan tiga orang tersangka hasil operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar di Serpong, Tangerang Selatan. Penetapan tersangka itu setelah komisi antirasuah memeriksa delapan orang yang terjaring OTT Selasa (1/12) kemarin selama 1×24 jam dan menggelar ekspose (gelar perkara).

Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua KPK Johan Budi SP menyatakan, dua orang tersangka adalah Wakil Ketua DPRD Banten SM Hartono dan Anggota DPRD Banten Tri Satya Santoso. Selain itu, KPK juga menetapkan Direktur PT Banten Global Development (BGD) Ricky Tampinongkol.

“Kesimpulan gelar perkara bahwa RT ditetapkan sebagai tersangka, diduga melanggar pasal 5 ayat 1 huruf a dan b atau pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 sebagai pihak pemberi,” kata Johan dalam keterangan pers di kantor KPK, Rabu (2/12).

Sementara itu, SM Hartono dan Tri Satya Santoso diduga melanggar pasal 12 huruf a atau b, atau pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001. Keduanya diduga sebagai pihak penerima suap.

[baca juga: PDIP Pecat Kader Terjaring OTT KPK]

[baca juga: OTT Banten, KPK Bekuk 8 Orang]

[baca juga: SALUT! Tak Capai Target, Dirjen Pajak Mengundurkan Diri]

[baca juga: Ini Penjelasan Johan Budi Terkait OTT Banten]

Mantan juru bicara KPK itu menuturkan, suap yang diberikan dari Ricky kepada SM Hartono dan Tri Satya Santoso tersebut bertujuan untuk memuluskan pengesahan RAPBD 2016.

“Di mana di dalamnya tercantum ada berkaitan dengan pembentukan Bank Daerah Banten,” jelasnya.

Sebelumnya, KPK menangkap delapan orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di sebuah restoran di Serpong, Tangsel, Selasa (1/12) siang. Mereka adalah dua Anggota DPRD Banten SM Hartono dan Tri Satria Santosa, Direktur PT Banten Global Development (BGD) Ricky Tampinongkol, dan tiga orang sopir masing-masing.

Tak berselang lama, KPK juga menangkap dua staf Ricky dari PT BGD, Banten. Dalam OTT tersebut, KPK mengamankan sejumlah uang pecahan USD 100 dan beberapa lainnya dalam bentuk Rupiah. ‎Sementara tiga orang ditetapkan sebagai tersangka, KPK melepaskan lima orang lainnya yang kemarin turut ditangkap. (put/jpg)‎

loading...
Click to comment
To Top