Dua Atlet Silat Lolos PON 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Sport

Dua Atlet Silat Lolos PON 2016

FAJAR.CO.ID, TERNATE – Satu lagi cabang olahraga bela diri yang meloloskan atletnya ke Pekan Olahraga Nasional, Bandung Jawa Barat 2016 mendatang. Setelah cabor futsal memastikan satu tiket ke multi event empat tahunan itu beberapa waktu lalu, kini pencak silat juga menjadi andalan Komite Olahraga Nasional Indonesaia (KONI) Maluku Utara (Malut) karena dua atletnya tampil di ajang bergengsi empat tahunan itu.

BACA: PS TNI Bagus, Tapi Arema Cronus Sempurna

Keduanya adalah Iwan Mandar dan Aditia. Keberhasilan mereka selama mengikuti kualifikasi di Gorontalo 24 sampai 30 November  lalu,  berhasil mempersembahkan medali perak untuk kategori tanding perorangan putra maupun putri.

“Visi dan misi KONI Malut sekarang yakni Malut emas Malut bisa, bisa terwujud,” kata Ketua Umum Pengprov Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Malut Nirwan MT Ali, Rabu (2/12) seperti dilansir Harian Malut Pos (Grup JPNN.com).

Capaian ini cukup membanggakan, karena Malut sebelumnya harus berjibaku memperebutkan tiket PON bersama 8 kontestan lain yakni Maluku, Papua, Papua Barat, Gorontalo, Sulawesi Barat (Sulbar), Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Selatan (Sulsel), DKI Jakarta dan Bali.

Menurutnya, Malut bisa meloloskan lebih banyak atlet andai kata tidak berhadapan dengan pesilat yang pernah menjuarai SEA Games dan lain sebagainya.

“Memang agak rumit, karena kita harus berhadapan dengan atlet yang pernah menjuarai kejuaraan dunia yang sarat pengalaman. Kalau tidak saya yakin tak hanya dua atlet, empat  atau lima  atlet yang lolos,” katanya optimistis.

Menurutnya, Iwan dan Aditia memang lama di IPSI Malut dan pernah beberapa kali mengikuti kualifikasi, tapi baru tahun ini  keduanya lolos PON.

Tak sampai di situ saja, karena capaian itu, Pengurus Besar (PB) IPSI akan memberikan bonus satu wild card untuk IPSI Malut karena berhasil menjadi salah satu kontestan terbaik dan finis di peringkat empat besar di bawah DKI dan Bali.(cr-06/ici/fri/jpnn)

Click to comment
To Top