Hadeh, Kongres HMI Ricuh Lagi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Hadeh, Kongres HMI Ricuh Lagi

FAJAR.CO.ID, PEKANBARU – Kerusuhan kembali mewarnai kongres lanjutan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke 29. Kongres yang berlangsung di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, kembali rusuh pada Rabu (2/12) dinihari. Peristiwa itu terjadi saat sidang lanjutan Pleno III dengan agenda pembagian komisi.

Sidang pleno III dipimpin 9 presidium. Di antaranya Zulkarnain, (Badko Jabodetabeka-Banten), Muklis (Badko Papua-Papua Barat), Hendrikus (Badko Jateng -DIY), Rio Saputera (Badko Sulselbar), Boby Irtanto (Badko Riau Kepri), M Rida (Badko Kalselteng), Mahmud Basir, Aang Widyanto (Badko Kalbar) dan Adiman Fariyadin (Badko Jatim).

Alotnya proses sidang dan sempat terjadi beberapa kali skor membuat suasana gaduh. Skor pertama terjadi sekitar pukul 23.50 WIB berlangsung selama 30 menit, karena banyaknya peserta yang belum memasuki forum sidang.

[baca juga: Massa HMI asal Sulawesi Batal Dipulangkan]

[baca juga: Ketua PB HMI akan Dipilih Hari Ini]

Sidang kembali dilanjutkan sekitar pukul 00.29 WIB. Namun, sekitar pukul 00.58 WIB, sidang kembali diskor 1 x 60 menit guna membahas terkait komisi yang sudah terbentuk menjadi 3. Yakni, komisi I, II dan III.

“Sekitar pukul 01.25 WIB rombongan liar (Romli) massa HMI masuk ke forum sidang sambil berorasi dengan jumlah sekitar 30 orang. Pimpinan sidang sudah diamankan oleh pihak keamanan dari panitia,” kata Wakapolresta Pekanbaru AKBP S Putut Wicaksono SIK saat dikonfirmasi Pekanbaru MX (Fajar.co.id Group).

[baca juga: Ada Freeport di Kongres HMI]

[baca juga: MEMALUKAN! Mahasiswa HMI Ikut Kongres Bawa Senpi Hingga Narkoba]

[baca juga: Kongres HMI Riau Makan Korban, Dua Mahasiswa Dilarikan ke Rumah Sakit]

Tak sampai di situ, sekitar pukul 02.00 WIB, massa Romli mengamuk. Mereka melempar kursi dan merusak meja yang ada di forum sidang. “Kericuhan itu berlangsung selama lebih kurang 10 menit. Kemudian situasi kembali kondusif setelah romli keluar dari forum sidang,” jelasnya.

Rusuh saat Kongres HMI di Pekanbaru bukan sekali ini saja terjadi. Sebelumnya massa romli yang mengikuti Kongres juga merusak beberapa aset publik, seperti GOR Pekanbaru dan pos busway. Saat dilakukan razia, ditemukan ada yang membawa senjata sajam dan senjata api rakitan. (mx/afz/JPG)

Click to comment
To Top