Jangan Hanya Papa Novanto, Sudirman Said Juga Harus Diproses – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Jangan Hanya Papa Novanto, Sudirman Said Juga Harus Diproses

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Skandal “Papa Minta Saham” serta pemberian janji perpanjangan kontrak karya PT Freeport oleh Menteri ESDM Sudirman Said harus diusut. Pasalnya, kedua tindakan itu sama-sama  berpotensi merugikan keuangan negara.

“Semua harus dibuka duduk persoalannya. Semua pihak harus dimintai pertanggungjawabannya, karena bertindak atas standar yang tak  lazim di dalam tata kelola pemerintahan,” kata Ketua Setara Institute, Hendardi saat dihubungi, Rabu (2/12).

[baca juga: Rekaman Itu Inisiatif Bos Freeport]

[baca juga: TERUNGKAP! Rekaman Bos Freeport ‘Jebakan’ untuk Papa Novanto]

[baca juga: Sudirman Said Mentahkan Pernyataan Luhut]

Untuk dugaan pelanggaran etika Ketua DPR Setya Novanto dalam skandal “Papa Minta Saham”, sudah tepat ditangani oleh Mahkamah Kehormatan Dewan. Tapi, terkait Sudirman Said yang telah menjanjikan PT Freeport dapat memperpanjang kontrak perlu ketegasan dari Presiden Joko Widodo.

“Mekanisme untuk mereka yang berasal dari pemerintahan berbeda dengan Setya Novanto,” ucapnya.

[baca juga: Sudirman Said: Pak Setya Novanto Ini Bisa Mengatur Banyak Hal yang Bukan Urusannya]

[baca juga: Bakal Dipanggil MKD, JK: Kami Tidak Terlibat…]

[baca juga: Sudirman Said Beberkan Alasan Laporkan Ulah Papa Novanto]

Dia menyarankan, Presiden meminta keterangan Sudirman dan menteri-menteri terkait lainnya seperti Menkopolhukam Luhut Panjaitan dan Menteri BUMN Rini Sumarno. Dengan begitu, duduk persoalannya bisa diketahui dengan jelas.

Jika memang Sudirman terbukti menjanjikan sesuatu ke PT Freeport, maka Jokowi harus bertindak. Dia menilai sanksi tegas harus diberikan kepada bekas direktur PT Pindad itu. “Termasuk kemungkinan untuk direshuffle, karena (Sudirman) bekerja melampui kewenangan. Dia harus diperlakukan sama, yakni dimintai pertanggungjawaban,” pungkasnya. (dil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top