Pemkot Bentuk TRC Hadapi Bencana di Musim Hujan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pemkot Bentuk TRC Hadapi Bencana di Musim Hujan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Setelah membentuk satgas genangan, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC). Tim yang berjumlah 100 orang itu dibentuk untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana di musim hujan. ‎

‎TRC dibentuk melalui Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD). Kamis 3 Desember kemarin, Wali kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto secara resmi membuka pembekalan Tim Reaksi Cepat (TRC).

100 personel TRC tersebut diambil dari 14 kecamatan se-Makassar. Pesertanya diambil dari warga setempat dan instansi terpadu yakni Dinas Perhubungan, Dinas PU dan Satpol PP.

“Sejak dini, Pemerintah mesti sigap terhadap bencana agar resiko yang ditimbulkan tidak terlalu fatal pasca kejadian,” ucap Danny.

Menurutnya, perlu ada pemahaman dan pembacaan yang mendalam terhadap potensi bencana dengan melihat berbagai gejala alam, seperti curah hujan, siklus awan dan air pasang, serta posisi bulan. Hal ini memerlukan ilmu khusus kata Danny, karena tidak semua masyarakat mampu membaca setiap gejala alam serta tindakan evakuasi setelah terjadinya bencana.

“Karena itulah TRC ini sangat penting karena dikhawatirkan jangan sampai hanya gempa kecil justru lebih banyak korban tewas terinjak-injak karena tindak tahu prosedur dan protokol bencana,” pungkasnya lagi.

Kepala bidang kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana Amran Kuddus mengatakan bahwa beberapa kegiatan yang dilakukan dalam pembekalan tersebut yakni menentukan titik-titik evakuasi pasca bencana.

“TRC dilatih menentukan titik evakuasi saat terjadi bencana tanpa menunggu komando dari BPBD dan Pemerintah,” tambahnya. (nurlina arsyad/FAJARONLINE)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top