BPBD Lokakarya Desa Tangguh Bencana – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

BPBD Lokakarya Desa Tangguh Bencana

FAJAR.CO.ID, MALILI — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Timur bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali menggelar Lokakarya  Desa Tangguh Bencana (Destana) di Gedung Wanita Simpurusiang, Malili, Jumat 4 Desember.

Evaluasi Destana ini untuk mengetahui lebih lanjut capaian program termasuk kerjasama dengan program-program lain yang sudah ada di desa.

Penanggung Jawab Operasional Kegiatan  Andarias Miding mengatakan kegiatan ini sebagai bahan rujukan untuk pengembangan kegiatan baru oleh pemangku kepentingan baik di Kabupaten, Propinsi dan Pusat.

”Program Destana ini merupakan pilot project BNPB yang bertujuan memberikan masukan yang sifatnya membangun demi penyempurnaan yang berdaya guna untuk mengurangi resiko bencana di Kabupaten, Provinsi dan Nasional,”kata Andaris.

Staf Ahli Pembangunan Setdakab Luwu Timur La Besse mengatakan Lokakarya yang dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam menangani bencana, dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap penanggulangan bencana, penyelenggaraan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh.

Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa fasilitasi untuk memberikan pemahaman dasar, peningkatan kapasitas dan ketangguhan masyarakat desa terhadap kesiapsiagaan penanggulangan bencana, dalam hal ini masyarakat memiliki kesiapan ketika terjadi bencana dan mengurangi risiko akibat bencana serta mampu merestorasi akibat bencana.

“Diharapkan peserta mengikuti dengan seksama agar dalam penangan bencana senantiasa tetap mengedepankan koordinasi dan sinkronisasi berbagai pihak apalagi  bencana tidak pernah akan diketahui mulainya dan kapan berakhirnya,” ujar Labesse.(syahruddin/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top