Cegah Masalah Gigi dengan Sikat Gigi yang Tepat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Cegah Masalah Gigi dengan Sikat Gigi yang Tepat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sebagian dari kita sering kali menyepelekan peranan sikat gigi karena merasa ketika telah menyikat gigi dua kali sehari, akan terbebas dari masalah gigi dan mulut. Sayangnya, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena pemilihan sikat gigi yang tepat juga mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Department of Operative and Preventive Dentistry and Endodontics, Heinrich Heine University (2011), memperlihatkan menyikat gigi dengan menggunakan sikat dengan bulu sikat keras dapat memicu terjadinya trauma jaringan lunak pada gigi dan mulut.

“Penggunaan sikat gigi yang kurang tepat, selain dapat membuat kebersihan mulut kurang optimal akibat plak yang masih menempel, juga dapat menimbulkan masalah lain seperti cedera gusi yang dapat menyebabkan abrasi dan resesi gusi yang lebih lanjut dapat mengakibatkan gigi menjadi lebih sensitif. Untuk itu, kita perlu cermat memilih sikat gigi yang tepat agar terhindar dari masalah gigi dan mulut,” ungkap drg Ratu Mirah Afifah selaku Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia Tbk.

Ia juga mengatakan bahwa masyarakat perlu cermat memilih sikat gigi yang tepat untuk mengoptimalkan kebersihan gigi dan mulut serta menghindarkan gigi dari berbagai masalah. “Sikat gigi Pepsodent Double Care Ultra Sensitive telah dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mengoptimalkan kebersihan gigi dan mulut tanpa mencederai gusi,” katanya.

Sementara itu, Mirza Roesli, Head of Marketing Oral Care, PT Unilever Indonesia Tbk menjelaskan bahwa Pepsodent selalu berinovasi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memberikan perawatan gigi dan mulut yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

“Pepsodent menghadirkan sikat gigi Pepsodent Double Care Ultra Sensitive untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut secara optimal. Hal ini kami lakukan dengan mengurangi kemungkinan mencederai gusi berkat bulu sikat halus berukuran 0.01 mm,” kata Mirza.

Selain bulu sikat yang sangat halus, lanjut dia, Pepsodent Double Care Ultra Sensitive juga dilengkapi dengan three-angled neck sehingga dapat menjangkau gigi geraham belakang dengan lebih baik.

“Bentuk leher sikat gigi Pepsodent tiga sudut ini terinspirasi dari desain ergonomis peralatan dokter gigi. Kombinasi bulu sikat halus serta desain leher sikat gigi yang ergonomis ini kami wujudkan untuk membersihkan gigi dan mulut yang lebih optimal,” jelasnya.

Sementara itu, mantan Putri Indonesia 2002 Melanie Putria, yang memiliki perhatian khusus terkait kesehatan, turut berbagai pengalaman dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. “Saya pernah merasakan ketidaknyaman pada gusi, dan ternyata hal itu dapat diatasi dengan memilih sikat gigi yang tepat. Kini, saya memahami betul pentingnya untuk mengombinasikan pasta gigi serta sikat gigi yang tepat bagi saya dan keluarga. Jadi, bukan hanya pasta giginya saja, tapi kita pun harus cermat dalam memilih sikat gigi,” ungkapnya

 

loading...
Click to comment
To Top