Diangap Terlalu Mahal, Kawasaki Enggan Main di MotoGP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Sport

Diangap Terlalu Mahal, Kawasaki Enggan Main di MotoGP

FAJAR.CO.ID, TOKYO – Musim 2015 menjadi saksi kembalinya dua pabrikan kelas dunia berlaga di kelas premium MotoGP. Suzuki sebagai pabrikan penuh, sedangkan Aprilia masih harus menggandeng Gressini di musim debutnya. 

Kembalinya dua pabrikan tersebut memberi warna dalam kompetisi yang selama ini hanya didominasi Honda dan Yamaha. Harapan akan kembalinya pabrikan Jepang lainnya, Kawasaki ke MotoGP muncul. Sayang harapan itu tidak bisa terwujud dalam waktu dekat.

Kawasaki menyebut biaya untuk berlaga di kelas para raja masih terlalu mahal saat ini. Dana untuk membangun tim pabrikan baru belum bisa terjangkau.

Kawasaki berlaga dalam musim penuh di MotoGP dari musim 2003 sampai 2008. Krisis ekonomi dunia memaksanya mundur dari kelas premium.

Setelah dirayu Dorna dan mendapat ancaman terkena sanksi karena melanggar kontrak Kawasaki kembali turun di musim 2009 di bawah bendera Hayate Racing dengan rider Marco Melandri sebelum menarik diri secara penuh di akhir musim.

Sejak saat itu fokus utama Kawasaki adalah berlaga di ajang World Superbike (WSBK). Dua dari rider-nya sukses besar menjuarai balapan kelas tertinggi yang melombakan motor dengan spesifikasi jalanan tersebut. Tom Sykes pada 2013 dan Jonathan Rea 2015.(cak/jpg)

loading...
Click to comment
To Top