Kuku Tumbuh ke Samping Sebabkan Infeksi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Kuku Tumbuh ke Samping Sebabkan Infeksi

FAJAR.CO.ID - Tidak hati-hati dalam memotong kuku bisa berakibat fatal. Termasuk kuku anda jadi tumbuh ke samping, hal tersebut disebabkan karena memotong terlalu pendek atau menusuknya terlalu dalam.
Tentu seharusnya yang normal kuku tumbuh ke atas atau memanjang. Jangan dibiarkan jika kuku anda tumbuh ke samping, bisa menimbulkan infeksi. Penyakit kuku kaki yang tumbuh ke samping alias cantengan ini pada akhirnya membuat sisi atau sudut kuku masuk ke dalam daging dan sekitar jari.
Dalam istilah kedokterannya disebut Paronikia. Akibat yang ditimbulkan adalah jari terasa sakit hingga kemerahan. Di beberapa kasus terjadi pembengkakan dan infeksi. Seperti itu yang dijelaskan Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Erha, dr. Widya Widita, M Kes SpKK.
Bahkan katanya, kondisi terparah membuat seseorang menjadi demam. "Biasanya bisa mengakibatkan radang, atau kalau infeksi bisa bernanah dan sakit dan kadang sampai demam," jelasnya.
 Perempuan berjilbab ini menuturkan, kuku tmbuh ke samping disebabkan beragam faktor. Di antaranya, infeksi bakteri, cara memotong kuku yang tidak tepat (memotong area sisi kuku bukan lurus ke atas) hingga pemakaian seatu yang sempit.
 Namun menurut Widya, sapaannya yang terbanyak adalah akibat tertekan dalam hal ini bisa jadi karena penggunaan sepatu yang sempit. Kemudian jari yang terbanyak tumbuhnya ke samping adalah kuku jempol.
Untuk penangannya adalah bisa dengan penggunaan antibiotik atau kuku diangkat separuhnya. Kenadti demikian, kondisi ini kata dia cenderung berulang. 
loading...
Click to comment
To Top