Laporan Harta Kekayaan Pilkada Bulukumba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Laporan Harta Kekayaan Pilkada Bulukumba

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Berdasarkan hasil Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), tercatat H Askar HL sebagai calon bupati yang memiliki kekayaan tertinggi dan Masykur Andi Sultan terendah.

Lima pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati melakukan klarifikasi LHKPN dihadapan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kota Makassar, Rabu, 2 Desember, lalu. Itu dilakukan dalam rangka mendorong terciptanya pemilihan kepala daerah (Pilkada) bersih dan bebas dari korupsi melalui transparasi kekayaan calon.

Dalam pertemuan tersebut, nama H Askar HL sebagai Calon Bupati yang memiliki harta kekayaan baik harta bergerak dan tidak bergerak sebesar Rp100,3 miliar lebih, yang terdiri dari beberapa icon kekayaan, seperti tanah, rumah, kendaraan serta alat perabot rumah sampai pada alat eletronik yang digunakan.

Sementara Calon Bupati yang paling rendah laporan harta kekayaanya adalah Masykur Andi Sulthan, dengan total kekayaan Rp 3,6 miliar lebih. “Iya dari lima Calon Bupati di Bulukumba, Pak H Askar yang paling tinggi total kekayaanya yaitu Rp100,3 miliar lebih, kalau saya sendiri Rp 14,2 miliar lebih,” kata, Nawawi Burhan, Calon Wakil Bupati, H Askar HL, jumat 4 desember. [NEXT-FAJAR]

Meski memiliki kekayaan yang cukup besar dari seluruh kandidat, tak berarti  dengan begitu mudahnya pihaknya, mengelontorkan dana untuk pembiayaan kampanye dan sebagainya. Pasalnya, dalam PKPU telah jelas mengatur batasan biaya kampanye yang tak bisa lebih dari Rp9 miliar saja, begitupun dengan sumbansi dari lembaga berbadang hukum dan perseorangan. “Kita upayakan akan mengefesienkan penggunan anggaran,” katanya.

Sedangkan Calon Bupati, Andi Sukri Sappewali harta kekayaannya sebesar  Rp7,7 miliar lebih, dan wakilnya, Tomy Satria, memeiliki harta kekayaan, paling sedikit kedua dari Calon Wakil Bupati, yaitu Rp811 Juta. “Diantara kandidat di Bulukumba, saya yang kedua paling terkecil laporan harta kekayaanya,” tutur, Tomy Satria.

Kandidat lainya, Kahar Muslim, yang memiliki harta kekayaan sebesar Rp7,4 miliar lebih, mengaku angka tersebut merupakan total seluruh aset yang ia miliki, mulai dari tanah, kendaraan dan surat-surat penting lainya, serta pendapatan dirinya selama menjabat sebagai anggota DPRD Bulukumba, tiga periode. “Dari seluruh kandidat jika di akumulasikan dengan calon wakil, pasangan Konjo-Bugis yang paling sedikit,” terang Kahar Muslim.

Sementara untuk kandidat lainya, Masykur Andi Sulthan, merupakan kandidat Calon Bupati, yang dilaporkan harta kekayaannya paling sedikit diantara seluruh kandidat Calon Bupati yaitu, Rp3,6 miliar, sementara untuk wakilnya, Edy Manaf, harta kekayaannya sebesar Rp10,7 miliar lebih.

Berbeda dengan Paslon Jumrana Salikki-Husbiannas Alsi, saat dikonfirmasi enggan mempublis hasil laporan harta kekayaannya. Pasalnya, laporan tersebut merupakan hak bagi KPK untuk mempublis, kewajiban dirinya hanyalah untuk melaporkan saja, namun yang pasti laporan yang telah ia sodorkan nantinya akan menjadi data awal untuk memonitoring pihaknya oleh KPK, pasca terpilih menjadi Bupati. “Kalau kami sudah resmi jadi Bupati, baru kami publis itu,” ujar Jumrana Salikki.

Namun dari data yang dihimpun, harta kekayaan Jumrana sendiri, sebesar Rp11,9 miliar dan Wakilnya, Husbianas Alsi, sebesar Rp33,8 miliar, atau terbanyak kedua dari lima pasang kandidat yang maju bertarung di Pilkada Bulukumba.(taq)

loading...
Click to comment
To Top