Smesco Gratiskan 500 Toko Online untuk UKM – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Smesco Gratiskan 500 Toko Online untuk UKM

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ratusan mahasiswa-mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi se-Jakarta Raya memadati Gedung Smesco RumahKU (Rumahnya Koperasi dan UKM) Kamis (3/12/2015). Mereka mengikuti kegiatan Smesco Youth Creative Show 2015 di kawasan SME Tower, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Acara yang bertajuk Ciptakan Market, Tumbuhkan Omzet tersebut terasa sangat spesial. Sebab, Smesco menggratiskan 500 toko online untuk UKM. Tak hanya itu, Selain Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi, hadir juga Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram, serta para dosen dari berbagai perguruan tinggi, di antaranya Universitas Trilogi.

Tak hanya itu, acara yang akan berlangsung hingga Sabtu (5/12/2015) tersebut diisi oleh 40 kuliner Indonesia, gathering komunitas, band, dan talk show. Kegiatan talk show atau pelatihan diisi Dicky Sukmana (Creative Director Panenmaya Digital, Owner @infobandung, 10 Pemasar Terbaik versi MarkPlus) dan Henri Gunawan (Founder Tokotako.com Online Store Builder, Praktisi E-Commerce).

Menurut Zabadi, kegiatan tersebut juga sebagai rangkaian promosi Galeri Indonesia WOW (GIW) yang telah resmi beroperasi di gedung tersebut. Nah, galeri tersebut juga bisa dimanfaatkan wirausahawan muda seperti mahasiswa.

“Dengan digratiskannya toko online menjadi kesempatan bagi wirausahawan baru. Nah, ini free selama setahun,” ujar Zabadi.

Ya, ini fasilitas yang dapat dimanfaatkan para market orang muda (youth), perempuan (women) dan pengguna internet (netizen) sebagai target utama adalah dua ruang maker space yang merupakan ruang bagi UKM bereksperimen. Lalu, 36 meja co-working space sebagai tempat pembelajaran bagi UKM mem-branding produk yang dilengkapi creativity room serta productivity room yang juga berfungsi sebagai investor meeting place.

Zabadi menambahkan, para wirausaha baru dan pelaku KUKM juga dapat memanfaatkan creative stage untuk mempromosikan produk secara langsung kepada konsumen. Selain itu, display permanen dalam bentuk concept store dan pop-up store menambah keunggulan Galeri Indonesia WOW. Dengan begitu, para KUKM dapat memajang produk secara langsung di kedua lantai gedung SME Tower.

Keberadaan Galeri Indonesia WOW tersebut juga dapat mendukung pemanfaatan Smesco sebagai laboratorium kewirausahaan. Jadi, keterlibatan para akademisi dan mahasiswa untuk menumbuhkan semangat berwirausaha mendapat fasilitas di tempat itu.

“Telah beroperasinya GIW, kami berharap seluruh masyarakat dapat hadir dan memanfaatkan seluruh fasilitas yang disediakan sehingga penumbuhan wirausaha, peningkatan pengetahuan, keterampilan pelaku KUKM, serta penguatan merek produk dan perluasan akses pasar dapat diwujudkan di galeri tersebut,” ujarnya.

Selain itu, program edukasi tersebut dapat meningkatkan kualitas pelaku KUKM sehingga proses naik kelas juga dapat diwujudkan melalui Galeri Indonesia WOW.  (rls/hrm)

Click to comment
To Top