Tim Sepak Bola Malut Lolos PON 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Sport

Tim Sepak Bola Malut Lolos PON 2016

FAJAR.CO.ID, TERNATE – Hasil  kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 untuk cabang olahraga (cabor) sepak bola menemui titik terang. Ini setelah lembaga tertinggi olahraga Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menyatakan sikap, bahwa hasil kualifikasi yang dilakukan di zona timur itu sah.

Keputusan itu diambil Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman yang terpilih kembali sebagai Ketua Umum KONI masa bakti 2015-2019 dalam acara Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) 2015 di Hotel Aston, Jayapura.

Keputusan ini, membawa tim sepak bola Pra PON Malut lolos PON. Ini  berkat hasil runner up di kualifikasi PON 2016 cabor sepakbola Grup VIII zona III di Jayapura, Oktober lalu.

“Di Musornas selain membahas program KONI ke depan, juga memutuskan hasil kualifikasi PON 2016 cabor sepakbola sebagai hasil yang sah. Hasil kualifikasi sepakbola wilayah timur dianggap sebagai hasil final. Sementara tidak ada kontingen lain yang melakukan kualifikasi selain wilayah timur,” kata Ketua Bidang Prestasi (Bimpres) KONI Malut La Samsudin (2/11), yang ikut hadir dalam Musornas lalu.

Selain itu, KONI Pusat juga mengakui hasil Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera beberapa waktu lalu sebagai salah satu ajang kompetisi kualifikasi PON. Jadi, cabor yang lolos dari Porwil termasuk sepakbola dinyatakan sah dan berhak ke PON tahun depan.

Dengan begitu, lanjut Samsudin, dipastikan Tim sepak bola Pra PON Malut tidak akan melakoni babak kualifikasi berikutnya atau putaran play off zona II Sulawesi karena keputusan tertinggi ada di KONI selaku yang punya hajatan empat tahunan.

“Hasil ini maka, saya selaku Ketua Bimpres KONI Malut mengimbau, agar Pengprov sepabkola sesegera mungkin melakukan pelatihan dan persiapan. Ini dimaksudkan agar sepakbola Malut tetap diperhitungkan,” katanya seperti dilansir Harian Malut Pos (Grup JPNN.com).(fri/cr-06/ici/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top