Divestasi Saham PT FI, Jangan Lakukan Cara Ini… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Divestasi Saham PT FI, Jangan Lakukan Cara Ini…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Eksekutif Indonesia Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara mengatakan, rencana PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk melakukan pelepasan sebagian saham (divestasi) lewat initial public offering (IPO), tidak akan memutus rantai pemburu rente.

Marwan menambahkan, jika perusahaan tambang Amerika Serikat (AS) itu dibiarkan divestasi lewat IPO, maka yang akan terjadi, saham yang dimiliki Indonesia tidak akan bertambah. Justru mentok dikisaran 9 persen.

“Dengan kita biarkan (Freeport) IPO, maka saham kita tidak akan bertambah. Mentok aja di situ,” ujar Marwan dalam diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (5/12).

[baca juga: Luhut Wajib Dihadirkan dalam Sidang MKD]

[baca juga: APMI Sebut Sudirman Said Anak Kemarin Sore]

[baca juga: Irman Gusman: Setnov Bakal Hadiri Panggilan MKD]

Untuk itu, Marwan mengingatkan jika pemerintah memang berniat memutus rantai pemburu rente di masa lalu, maka jangan biarkan Freeport melakukan pelepasan saham lewat IPO.

“Kita putus tradisi yang jelek, tapi kita tetap saja menerima apa yang sudah ada di MoU. Divestasi ingin IPO, smelter tidak dibangun Papua, ada kerusakan lingkungan tidak dibayar. Ini saya khawatir tradisi masa lalu tetap ada,” tandas Marwan. (chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top