Freeport Dalang Segala Kejahatan! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Freeport Dalang Segala Kejahatan!

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Warga Papua meradang dengan kasus lobi-lobi yang menyeret perusahaan tambang asal Amerika, PT. Freeport.

Ketua Umum Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Jefri Wenda mengatakan, Freeport adalah dalang segala kejahatan bagi rakyat Papua. Pasalnya, sejak berdirinya Freeport hingga proses operasionalnya banyak penyimpangan. Salah satunya tidak memperhatikan nasib warga Papua.

“Sejak awal harusnya nasib masyarakatnya diperhatikan dulu. Itu harus dilakukan sejak awal kontrak karya,” tegas Wenda di Jakarta, Jumat (4/12).

[baca juga: Disarankan Tanya Mantan Menteri Ini Jika Ingin Berantas Mafia Freeport]

[baca juga: Kejagung Gandeng ITB Periksa Rekaman ‘Papa Minta Saham’]

[baca juga: Fadli Zon: Wapres Jangan Memanas-manasi Sudirman Said!]

Selain itu, kata dia, masyarakat Papua sekitar Freeport mengalami perubahan kehidupan yang tidak layak akibat adanya pengolahan limbah dari pabrik emas tersebut.

“Banyak sekali yah tanah-tanah masyarakat yang digusur habis-habisan, lalu limbah tailing yang dibuang sehingga masyarakat yang di sekitar situ mengalami banyak penyakit. Itulah kenapa kami melihat Freeport sebagai dalang kejahatan ,” tegasnya.

Wenda berharap kontrak Freeport tidak diperpanjang di tanah Papua sehingga masyarakat sekitar bisa menikmati perubahan. (dil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top