Imbauan Kapolri dalam Pencegahan dan Penindakan Korupsi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Imbauan Kapolri dalam Pencegahan dan Penindakan Korupsi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti menilai pencegahan dan penindakan korupsi perlu kerja sama yang baik antar penegak hukum. Menurut dia, hal tersebut perlu dilakukan untuk menentukan ukuran keberhasilan dalam pemberantasan korupsi.

Badrodin menyontohkan, polisi yang harus bekerja sama dengan jaksa penuntut umum (JPU) dengan menyamakan persepsi. “Demikian juga KPK dan Polri. KPK punya kewenangan dan kami punya kekuatan personel,” kata Badrodin dalam sebuah diskusi Peringatan Hari Antikorupsi Internasional di Jakarta, Jumat (4/12).

‎Dia menyebutkan, bentuk kerja sama tersebut misalnya, dengan bersama-sama menindak korupsi di daerah. “Penindakan KPK kita back up dengan personel dan tempat,” ujar dia.

Menurut Badrodin, kuantitas penindakan tindak pidana korupsi belum tentu menentukan keberhasilan pemberantasam korupsi. Namun, apabila penegak hukum semakin aktif, mala makin banyak korupsi yang bisa diungkap.

“Tapi kriteria itu belum tentu menunjukkan korupsi telah berkurang. Perlu duduk bersama untuk menentukan ukuran keberhasilan pemberantasan korupsi,” pungkasnya. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top