Mantan Panglima GAM: Masalah Aceh Tugas Kita Bersama – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Mantan Panglima GAM: Masalah Aceh Tugas Kita Bersama

FAJAR.CO.ID, ACEH – Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Darwis Djeunieb mengatakan, perjuangan masyarakat Serambi Mekah belum selesai. Karena masih banyak poin-poin MoU Helsinki yang belum sesuai dengan harapan.  Hal itu disampaikan Darwis, dalam peringatan Milad GAM ke-39 di Taman Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh, Jumat (4/12). Kali ini pihaknya hanya melakukan doa bersama untuk mengenang mantan-mantan GAM yang sudah syahid dalam perang.

Menurutnya, sudah sangat banyak nyawa melayang atas perjuangan bangsa ini. Karena itu jangan lagi bertengkar sesama, tapi yang perlu dilakukan mendesak pemerintah pusat untuk kepentingan Aceh.  “Ini bukan kepentingan kami, tapi kepentingan kita bersama. Dulu kita mengangkat senjata karena pusat tidak adil kepada Aceh, dan sekarang ketika sudah damai, menyelesaikan masalah Aceh adalah tugas kita bersama,” kata Darwis seperti yang dikutip Rakyat Aceh (Fajar.co.id Group).

[baca juga: Milad GAM, Bendera Aceh Tetap Berkibar]

[baca juga: ISIS Tebar Ancaman Terhadap Enam Petinggi Polri]

[baca juga: Ada Ancaman Teroris di Istana, Begini Komentar Kapolri]

Sementara itu, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud al Haytar mengajak seluruh masyarakatnya untuk menjaga perdamaian. “Kita lah yang harus mengangkat harkat dan martabat bangsa kita sendiri, bangsa Aceh,” ucapnya.

Dari dulu, lanjut Malik Mahmud, banyak orang di Nusantara belajar kepada Aceh. Karena Aceh bangsa yang mulia. “Kita harus sadari ini, dan kita harus merawatnya bersama. Islam juga masuk pertama kali di Aceh,” lanjutnya.

Dalam peringatan itu, masyarakat sempat melepaskan bendera bintang bulan bergaris hitam putih ke udara menggunakan balon. Pelepasan bendera itu juga diiringi azan dari salah satu warga.  Peringatan Milad ke-39 yang berlangsung di Ibu Kota Aceh berlangsung tertib dan dijaga pihak TNI, Polri dan Satpol PP. (Rif/hsn/JPG)

loading...
Click to comment
To Top