Pengawasan dan Keamanan Wajib Ditingkatkan di Masa Tenang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Pengawasan dan Keamanan Wajib Ditingkatkan di Masa Tenang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak bakal dilaksanakan pada 9 Desember 2015. Karena itu, masa tenang selama tiga hari sebelum hari H akan dimulai sejak 6 Desember, besok.

Ketua Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz mengatakan, dalam masa tenang selama tiga hari menjelang pilkada dibutuhkan peningkatan pengawasan dan keamanan.

Pasalnya, ternyata dalam masa tenang tersebut justru banyak digunakan para calon kepala daerah untuk berkampanye terselubung. “Pasangan calon itu akan menguatkan tenaga untuk berkampanye justru di masa tenang. Jangka pertimbangan pemilih yang terus menerus akan meningkat di pilkada di hari H itu dijadikan oleh pasangan calon untuk melanggar ketentuan tentang hari tenang,” kata Masykur dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (5/12).

Merujuk Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 16 Tahun 2014, dalam pasal 27 ayat 2 disebutkan bahwa masa tenang kampanye adalah tiga hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sementara dalam pasal 27 ayat 3 berbunyi, dalam masa tenang tersebut pasangan calon dilarang berkampanye dalam bentuk apa pun. ‎

Sayangnya, menurut Masykur, masa tenang yang seharusnya digunakan untuk memberikan kesempatan kepada pemilih mempertimbangkan siapa yang layak menjadi kada, justru digunakan untuk praktik kampanye terselubung dengan bermacam kegiatan. ‎

“Dengan pertemuan sosial, dengan organisasi, dengan pertemuan keagamaan. Itu akan terjadi forum kecil di masyarakat yang itu sesungguhnya adalah kampanye terselubung,” ujar Masykur.

Karenanya, dia mengimbau agar pemerintah meningkatkan pengawasan dan keamanan di masa tenang tersebut dengan mengerahkan personel TNI dan Polri. Hal itu untuk menghindari peserta pilkada yang nakal dengan masih berkampanye di masa tenang. “Jadi masa tenang bukan berarti kita istirahat, tetapi masa tenang itu ditingkatkan aspek pengawasan,” pungkasnya. (put/jpg)

Click to comment
To Top