Populi Center Beberkan Alasan Kenapa Pilkada Serentak ‘Sepi’ – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Populi Center Beberkan Alasan Kenapa Pilkada Serentak ‘Sepi’

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Rendahnya atau ‘sepi’ animo masyarakat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, 9 Desember nanti sudah tercipta saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan syarat calon kepala daerah (Cakada) harus melepas jabatan sebagai anggota dewan.

Peilaian pengamat politik dari Populi Center, Nico Harjanto, penetapan syarat Cakada yang ingin maju membuat terbatasnya pemimpin yang mampu berinovatif. Sebab, partai politik tidak mau berspekulasi melepaskan kadernya yang telah duduk menjadi anggota dewan.

“Jadi sepi itu dari awalnya, dari sisi input itu sudah terbatas siapa orang-orang yang ikut didalamnya,” ujar dia di Jakarta, Sabtu (5/12).

Faktor lainnya, yakni proses kampanye yang jauh lebih panjang. Masyarakat mengalami kejenuhan pada titik tertentu. Selain itu, pilihan dalam Pilkada juga sangat terbatas.

“Memang di beberapa daerah ada yang sampai tujuh pasangan calon, di Karawang ada enam pasangan calon, tetapi rata-rata yang paling banyak dua samapi tiga pasangan. Artinya pilihan sangat terbatas,” demikian Nico. (sam/rmol)

loading...
Click to comment
To Top