Hasil Survei, Posisi Idris-Suardi Makin Aman – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Hasil Survei, Posisi Idris-Suardi Makin Aman

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Posisi pasangan Andi Idris Syukur-Suardi Saleh (AIS) hampir dipastikan menjadi pemenang dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Barru, Rabu 9 Desember mendatang.

Hal itu mengacu pada survei terbaru sejumlah lembaga, seperti Saiful Mujani Recearch and Consulting (SMRC) dan Celebes Recearch Center (CRC) yang menempatkan pasangan yang dikenal sopan dalam bertutur kata itu berada di posisi teratas, atau jauh mengungguli para rivalnya.

Sesuai rilis yang dimuat beberapa media online, baik SMRC maupun CRC, elektabilitas pasangan nomor urut 3 itu dinilai sulit lagi terkejar oleh dua rivalnya, yakni Malkan Amin-Salahuddin Rum, serta Andi Anwar Aksa-Adhan.

Idris dipersepsikan oleh masyarakat berhasil memimpin di periode pertama. “Tingkat kepuasan masyarakat terhadap Idris sangat tinggi, sehingga bisa diprediksi akan memenangkan Pilkada Barru,” terang Kordinator SMRC Area Sulawesi, Riswadi Tarompoe seperti yang dikutif dibeberapa media online, Senin 7 Desember.

[NEXT-FAJAR]

Di survei terbarunya itu, SMRC yang dikenal anak group dari Lembaga Survei Indonesia (LSI), juga membedah kekuatan di 10 daerah lainnya yang menggelar pilkada serentak. Di survei itu, ada dikategorikan aman, maupun yang masih tergolong ketat.

Selain SMRC, raja survei lokal di Sulsel, CRC juga terang-terangan menyebut Idris-Suardi sudah berada di level aman untuk memenangkan pertarungan. “Posisi AIS sudah aman,” singkat Direktur CRC Herman Heizer secara terpisah.

Sebelumnya lembaga survei nasional, seperti Jaringan Suara Indonesia (JSI) juga menempatkan AIS di posisi nomor wahid. Begitu pun lembaga survei lokal, Indeks Politica Indonesia, JSP, ISPEI, dan Adhyaksa Supporting House semua menjagokan Idris-Suardi.

Terkait survei itu, kubu pasangan Andi Idris Syukur-Suardi Saleh (AIS), memilih tidak over convidence meski semua lembaga survei profesional dan kredibel menjagokannya memenangkan pertarungan.

[NEXT-FAJAR]

Juru Bicara AIS, Arif Saleh mengatakan, sejak awal, pihaknya menghindari aksi klaim-klaim, apalagi menggiring opini membentuk lembaga survei abal-abal untuk merekayasa elektabilitas kandidat.

“Kita tidak mau ikut-ikutan main klaim-klaim kemenangan. Data survei internal kami, cukup untuk konsumsi tim sebagai bagian strategi tersendiri. Tapi saya kira, masyarakat sudah tahu seperti apa hasil survei sejumlah lembaga profesional yang mengunggulkan AIS,” kata Arif.

Arif meminta, hasil survei semua lembaga profesional harus dijadikan pelecut untuk tetap bersemangat memenangkan pertarungan, dengan cara tetap fokus menjaga dan mengawal suara rakyat di masing-masing wilayah, tanpa terlena dengan angka-angka di survei.

“Kami tidak mau takabur. Jika rakyat memang merasakan pembangunan selama ini, tentu mereka akan memberikan dukungan ke AIS. Kita hanya berusaha dan berikhtiar. Soal pilihan, sekali lagi kita serahkan ke masyarakat sebagai pemegang hak pilih,” tandasnya. (rilis/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top