Hati-hati Atasi Cedera – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Hati-hati Atasi Cedera

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sebagian orang menganggap kaki ataupun tangan yang terkilir atau cedera bisa diatasi dengan beristirahat. Namun, penting juga untuk mengetahui, posisi cedera yang dialami.

Sebenarnya mata awam kita pun bisa tahu persis ligament mana yang robek. Apakah sisi luar atau sisi dalam. Caranya dengan melihat bengkak atau perubahan warna di daerah yang sakit.

Jika terjadi di ligamaent luar, perubahan warna dan bengkak terlihat jelas. Sedang jika terjadi pada ligament dalam berasa sakit saat ditekan. Hal tersebut ditegaskan Spesialis Ortopedi RS Unhas, dr Muhammad Sakti SpOT. “Tapi pada intinya penanganannya sama,” ujarnya..

Sebelumnya, Spesialis Rehabilitasi Medik, dr Asmaun Najamuddin Sp KFR menegaskan pijat hanya boleh dilakukan jika tidak ada yang patah. Dengan catatan, dlakukan dengan benar dan tepat. Pemijatan dilakukan haruslah mengikuti arah otot.

Jadi sangat penting mengetahui ke mana arah otot tersebut sebab ada arah otot yang dari atas ke bawah ada juga dari tengah ke samping luar.

Kemudian pemijatan juga harus dilakukan dari orgio (bergerak) ke insersio( tidak bergerak).Karena itu amat penting mengetahui letak keduanya.

loading...
Click to comment
To Top