Hindari Dehidrasi dengan Seimbangkan Pola Makan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Hindari Dehidrasi dengan Seimbangkan Pola Makan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena dehidrasi. Salah satunya, disebabkan oleh kekurangan asupan cairan dalam tubuh atau kita kehilangan lebih banyak cairan. Cairan yang ada di dalam tubuh bisa terbuang melalui urin, muntah-muntah, diare, keringat, dan air mata.

Mencegah dehidrasi dapat dilakukan dengan membuat makanan dan minuman tetap seimbang. Lebih baik lagi jika kebutuhan cairan selalu terpenuhi.

Spesialis Penyakit Dalam RS Pendidikan Unhas (RSP UH), dr Hasyim Kasim, SpPD  menuturkan ukuran normal kebutuhan cairan adalah dua liter setiap hari.

Di musim penghujan kebutuhan itu bisa ditambah menjadi 2,3 liter atau 2300 cc. “Masim seperti sekarang paling tidak minum 2300 cc air tiap hari,” ujarnya.

Selain itu adalah kebutuhan akan buah dan sayur juga tetap terjaga. Makanan berserat, kata dia membantu menjaga tubuh tetap sehat. Senada juga disampaikan Spesialis Gizi RSWS, dr Andi Yasmin Syauki. Bahwa buah dan sayur selalu dibutuhkan sebagai sumber vitamin bagi tubuh kita.

To Top