KPK Dalami Pembelian Lahan RS Sumber Waras – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

KPK Dalami Pembelian Lahan RS Sumber Waras

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bergerak cepat merespons hasil audit investigatif Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas pembelian lahan RS Sumber Waras oleh Pemprov DKI Jakarta. Lembaga antirasuah itu langsung mendalami data dari BPK yang memuat indikasi pelanggaran aturan dan kerugian negara dalam pembelian lahan RS di daerah Grogol, Jakarta Barat itu.

Menurut Wakil Ketua KPK, Zulkarnain, anak buahnya langsung bergerak memverifikasi temuan BPK.  Hal itu sekaligus melengkapi laporan dugaan korupsi lahan RS Sumber Waras yang sudah masuk di bagian pengaduan masyarakat KPK.

“Direktur lidik dalami lagi indikasi yang ada memerlukan bantuan ahli terkait, ya kita sampaikan ke BPK,” kata Zulkarnaen dalam keterangannya di KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (7/12).

[baca juga: Ternyata Ini yang Bikin Ahok Kesal pada BPK RI]

[baca juga: Ahok Tantang BPK Buka Hasil Pemeriksaannya ke Publik]

[baca juga: Kalau Tidak Jelas, Ahok Siap Lawan KPK!]

Mantan jaksa itu menambahkan, KPK juga akan mencermati adanya indikasi kerugian negara dari hasil audit BPK itu. Namun, katanya, KPK belum bisa menyampaikan angka indikasi kerugian negara yang diakibatkan dari pembelian lahan RS Sumber Waras.

“Kami tidak bisa sampaikan saat ini berapa kerugian negara definitif. Karena sifatnya belum definitif,” ujarnya.  ‎

Selain itu, KPK juga akan mengumpulkan informasi dari sejumlah pihak untuk dimintai keterangan dalam proses penyelidikan. Termasuk, meminta keterangan dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. ‎‎”Tentu akan kita undang untuk diminta penjelasan,” pungkasnya. (put/jpg)

Click to comment
To Top