Makassar juga Punya Soto Bandung dan Soto Lamongan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Makassar juga Punya Soto Bandung dan Soto Lamongan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Varian soto sudah beragam di beberapa daerah, tapi yang paling digemari dan paling diingat pasti soto banjar. Nah, salah satunya soto Bandung dan soto ayam Lamongan. Tidak hanya di Bandung dan Lamongan saja soto ini dijajakan, Kota Makassar pun demikian.

Makan2 Kopi TM, dengan soto Bandungnya kian laris. Bila soto aslinya berisi daging sapi, restoran yang terletak di lantai tiga Hotel Karebosi Condotel ini menggunakan iga sapi impor Australia. Waw nikmat sekali.

Dagingnya terasa empuk. Nah, rahasianya dilakukan proses presto terlebih dulu. Kuahnya yang bening dengan rasa asam menjadi ciri khas soto Bandung. Irisan lobak terlihat jelas. Bumbunya juga lebih simpel, bahkan tidak perlu menguleg bumbu.

Bar Manager Makan2 Kopi TM, Lukman Nur Hakim menuturkan, biar pun bumbunya tidak selengkap soto pada umumnya, tetapi rasanya tidak diragukan lagi menggugah selera. Kuah beningnya terasa segar sekali, apalagi jika ditambahkan perasan air jeruk nipis.

“Banyak pelanggan yang memesan soto Bandung dengan menggunakan sambal rebus, sambal yang cabenya direbus terlebih dahulu, baru kemudian diuleg dengan ditambahkan garam, gula dan air jeruk nipis,” katanya.

Lain halnya dengan soto ayam Lamongan. Rumah makan yang terletak di jalan Landak ini menggunakan bahan utama ayam. Kuahnya pun kental beda dengan soto Bandung.

Fathya Patta, Supevisior Soto Ayam Lamongan menuturkan, kulinernya memiliki cita rasa yang khas yaitu, timbul dari aroma kuah soto yang menggiurkan lidah serta gurihnya koya yang mampu menggugah selera makan.
“Kuahnya kental dari kaldu dan beberapa campuran rempah-rempah. Porsinya pun pas. Enak disantap dengan nasi putih,” tutupnya.

loading...
Click to comment
To Top