Nelayan Luar Daerah Beroperasi di Bulukumba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Nelayan Luar Daerah Beroperasi di Bulukumba

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Kekayaan laut yang dimiliki Kabupaten Bulukumba menarik perhatian nelayan dari luar daerah untuk mencari ikan. Ironisnya alat tangkap yang digunakan sangat berbahaya dan merusak biota laut.

Seorang nelayan Bontobahari, Syaifullah mengaku sering mendapati beberapa nelayan asal daerah lain ikut menangkap ikan di wilayah perairan Bulukumba. Mereka menggunakan kapal-kapal besar dan bom ikan.

“Kami minta pemerintah kabupaten lebih memperketat pengawasan, karena para pelaku bom ikan sudah tahu kalau ada petugas yang patroli,” terangnya, Senin 7 Desember.

Ironisnya lagi, para pelaku semakin berani melakukan aksinya tidak hanya pada malam hari tapi juga siang hari. “Kalau dibiarkan terus, rusak laut. Tidak adami yang tersisa, karena biar ikan kecil juga mati. Kalau begitumi, tidak adami yang bisa kita makan,” keluhnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) melalui Kabid Pengawasan dan Alat Tangkap, Fachi Hamsah yang dikonfirmasi mengakui hal tersebut. Karena itu dia berjanji mengintensifkan patroli dan penindakan hukum bagi para pelaku.

“Sudah banyak laporan nelayan kami terima, dan itu langsung kami tindaki. Terakhir ada dua nekayan yang kita tangkap, tapi itu nelayan lokal ji. Sementara diproses di polisi,” ujarnya.

Fachri berharap, nelayan ikut berperan serta dalam menjaga dan mengawasi perairan laut. “Ini untuk kepentingan kita bersama, untuk keberlangsungan hidup alam kita dan anak cucu kita,” katanya. (mustaqim musma/zainuddin saleha/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top