Survei Terbaru JSI, Indah-Thahar Tak Terkejar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Survei Terbaru JSI, Indah-Thahar Tak Terkejar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Teka-teki siapa pemenang di Pilkada Luwu Utara semakin mengarah ke pasangan Indah Putri Indriani-Muh Thahar Rum. Itu setelah, duet ini terus leading di posisi teratas di sejumlah hasil survei lembaga profesional.

Di survei terbaru Jaringan Suara Indonesia (JSI) jelang pencoblosan, pasangan yang dikenal plural dan merakyat itu, elektabilitasnya sudah menembus angka 55.8%. Angka tersebut mulai menjauhi rivalnya Arifin Junaedi-Andi Abdullah Rahim yang tingkat keterpilihannya baru mencapai 33.26%.

Sementara pemilih mengambang atau swing voters, persentasenya sisa 11.16%. Itu berarti jika tidak ada kejadian luar biasa di sisa 3 hari jelang pencoblosan, maka hampir dipastikan Indah-Thahar bakal keluar sebagai jawara di Luwu Utara.

Supervisi JSI, Afri Samudro mengatakan, meningkatnya elektabilitas pasangan perpaduan akademisi-birokrat itu tidak terlepas dari karakter pasangan ini yang intens melakukan sosialisasi.

“Ada beberapa penyebab kenapa Indah-Thahar mengalami tren kenaikan elektabilitas. Diantaranya, pasangan ini mampu memanfaatkan tahapan sosialisasi dengan memperbanyak frekuensi pertemuan,” kata Afri, Minggu (6/12) malam.

Di samping alasan itu, masyarakat mempersepsikan jika Indah-Thahar mudah menjalin silaturahmi dengan masyarakat, maupun pro-aktif turun bersentuhan langsung warga bila ada kejadian.

“Faktor lainnya biasanya tidak terlepas dari tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan. Bila tingkat kepuasaan itu rendah, tentu dampaknya ke incumbent. Dan posisi seperti itu, sangat menguntungkan bagi penantangnya,” tambah Afri.

Sekadar diketahui, riset terbaru tersebut pengambilan datanya dilakukan 16-21 November dengan melibatkan 440 responden yang semua populasi pemilih di Lutra memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih sebagai responden.

Seperti biasa, salah satu “raja” survei di Indonesia itu, marjin of errornya 4.8% dengan selang kepercayaan 95%. Itu berarti meski ada marjin of error, elektabilitas Indah-Thahar tetap mengungguli Arifin-Abdullah.

Sebelumnya beberapa lembaga survei, seperti Celebes Recearch Center (CRC) juga menempatkan Indah-Thahar di posisi teratas. Angka elektabilitasnya hampir sama dengan temuan riset terbaru JSI. (FAJARONLINE.COM/rls)

loading...
Click to comment
To Top