1.078 Surat Suara Pilkada Medan Dibakar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

1.078 Surat Suara Pilkada Medan Dibakar

FAJAR.CO.ID, MEDAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan membakar 1.078 surat suara Pilkada Medan 2015 di Gudang Kargo Eks Bandara Polonia, Medan, Selasa (8/12).

Diberitakan MedanBagus.Com, surat suara yang dibakar terdiri dari 150 lembar surat suara rusak dan 928 lembar surat suara yang tidak terpakai.

Anggota  KPU Medan, Irwansyah, mengatakan, surat suara yang rusak dan tidak terpakai itu ditemukan selama proses sortir dan pengepakan surat suara, yang mereka lakukan sejak 23 November-27 November 2015.

“Semuanya dimusnahkan agar tidak disalah artikan,” katanya, di lokasi pemusnahan.

Irwansyah menjelaskan, surat suara yang masuk kategori rusak karena foto pasangan calon kabur sehingga menjadi tidak jelas, terdapat noda yang menghalangi gambar maupun nomor pasangan calon, surat suara sobek, hingga adanya lobang pada surat suara tersebut.

Sedangkan surat suara tidak terpakai yakni surat suara lebih yang disisihkan setelah pengepakan seluruh logistik kebutuhan surat suara untuk seluruh TPS yang ada di Kota Medan.

“Sesuai aturan, semuanya dimusnahkan dan dibuatkan berita acaranya,” ujar Irwansyah.

Selain dihadiri KPU, pemusnahan surat suara ini juga dihadiri oleh unsur Panitia Pengawas Pilkada dan Kepolisian Kota Medan. (ald/rmol)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top