Kapolda: Tembak Perusuh Pilkada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Kapolda: Tembak Perusuh Pilkada

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulselbar, Irjen Polisi Pudji Hartanto menginstruksikan anggota tegas dalam menidak perusuh yang akan mengacaukan pelaksaan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Bahkan jika mengancam keselamatan, para perusuh bisa dilumpuhkan dengan tembakan di tempat.

“Personel tidak boleh ragu tindak tegas, loe jual guwe beli, anggota saja tidak disuruh tembak, ditembak sendiri,” ujar kapolda saat memimpin apel kesiapan pengamanan pilkada serentak Sulsel di lapangan Syech Yusuf Sungguminasa, Selasa 7 Desember.

Dia mengatakan pada pilkada di 11 kabupaten itu melibatkan 50 ribu lebih tim gabungan Polri, Brimob, TNI dan Satpol PP serta keamanan daerah.

Mereka akan ditempatkan di sejumlah titik yang dinilai rawan dan memungkinkan potensi kericuhan seperti di lokasi pemungutan suara, serta rumah pribadi dan posko masing-masing calon yang bertarung.

Salah satu daerah pelaksana pilkada yang mendapatkan penebalan pengamanan yakni di kabupaten gowa sulawesi selatan setelah disebutkan sebagai zona merah pilkada.

Kapolda Sulselbar berharap pada seluruh masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan oknum-oknum yang mencoba mengacaukan proses demokrasi.

Hadir dalam apel pengamanan di antaranya Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti dan juga stakeholder.

Untuk memantapkan kesiapan pengamanan, Polda Sulselbar bekerja sama Kodam VII Wirabuana mensiagakan sejumlah pasukan khusus yang akan terus mamantau dan melakukan patroli di jalanan menjelang dan sesudah perhitungan suara. (*/fajaronline/jai)

To Top