Kemampuan Teroris Jangan Diremehkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Kemampuan Teroris Jangan Diremehkan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Deputi Pencegahan Teroris BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris) Brigjen Hamidin menilai kemampuan anggota kelompok teroris tak bisa diremehkan. Bahkan dia menilai teroris lebih terlatih dari kebanyakan prajurit TNI atau anggota Polri.

Dia mencontohkan, para teroris diajarkan cara menciptakan bom dengan bahan seadanya. Sementara, tentara atau polisi pada umumnya hanya punya pengetahuan mengenai bom konvensional saja.

“Paling yang memiliki pemahaman tentang bom cuma Gegana dan Kopassus,” kata dia dalam diskusi dengan tajuk “Rencana Aksi Nasional Pencegahan Terorisme” di Hotel Acacia, Jalan Salemba, Jakarta, (7/12).

[baca juga: Polisi Malaysia Tangkap WNI Terduga ISIS]

[baca juga: Obama: Kita Pasti Akan Menghancurkan ISIS]

[baca juga: ISIS Tebar Ancaman Terhadap Enam Petinggi Polri]

Selain itu, lanjut Hamidin, pelaku teror sudah terbiasa turun langsung ke wilayah konflik. Jaringan teroris, seperti ISIS (Islamic State Iraq-Syrian) bahkan mengirim calon kadernya untuk berlatih di zona perang sebelum kembali melakukan teror ke daerah asalnya.

“Mereka sudah terlatih, direkrut kemudian diarahkan ke Afganistan atau tempat konflik lainnya. Mereka latihan di sana sampai bisa pakai dan nyiptain bom,” tutupnya. (Mg4/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top