PARAH!!! Jumlah Pengguna Narkoba Indonesia Tertinggi di Asia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

PARAH!!! Jumlah Pengguna Narkoba Indonesia Tertinggi di Asia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tak dapat dipungkiri, Indonesia adalah pangsa pasar besar bagi para pengedar narkoba jaringan internasional maupun nasional. Bahkan sampai saat ini jumlah pengguna narkoba di Indonesia merupakan yang tertinggi di Asia.

Kepala Badan Narkotika Nasional, Komjen Pol Budi Waseso mengatakan, dari data yang dipegangnya, saat ini ada total 5,9 juta warga Indonesia sebagai pemakai dan pecandu narkoba.

“Beberapa bulan lalu hanya sekitar empat juta pengguna, tapi sekarang sampai November sudah ada 5,9 juta,” kata pria yang akrab disapa Buwas itu saat ditemui di ruangannya, Selasa (8/12) pagi.

Menurut Buwas, peningkatan ini memang sangat drastis. Selain tinggi pengguna, Indonesia juga banyak terdapat pabrik pembuatan narkoba yang masih beroperasi dan belum tercium oleh aparat. “Penyebabnya banyak, dari sudut geografi Indonesia sangat mudah terjadi penyebaran, selain itu juga dari sudut demografi,” tambah mantan Kabareskrim Polri ini.

[baca juga: Banggai jadi Destinasi Favorit Pengedar Narkoba]

[baca juga: Bikin Malu! Anak Pejabat Tapi Rangkap Bandar Sabu]

Namun dia menegaskan, sebagai ujung tombak pemberantasan narkoba, BNN di bawah komandonya siap untuk melakukan perlawanan terhadap para pengedar dan pemakai narkoba.

Dia membandingkan rendahnya hukuman bagi para pemakai narkoba di Indonesia, karena menurut jenderal berpangkat tiga bintang di pundak ini di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, hukuman mati berlaku bagi para pecandu dan pemakai.

“Di Indonesia, Freddy Budiman salah satu bandar besar sudah tiga kali lolos dari hukuman mati,” cetusnya.

Sehingga dia menegaskan, BNN tidak akan berhenti melakukan pemberantasan narkoba dari berbagai sisi. (elf/JPG)

Click to comment
To Top