2016, Mentan Tambah Perlengkapan Tanam 100.000 Unit untuk Petani – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

2016, Mentan Tambah Perlengkapan Tanam 100.000 Unit untuk Petani

FAJAR.CO.ID, TANGERANG – Menteri Pertanian Amran Sulaiman di tahun 2016 mendatang akan menambah target perlengkapan tanam. Tak tanggung-tanggung jumlah tambahan perlengkapan tanam sebanyak 100.000 unit yang akan dibagikan kepada para petani didaerah.

Hal tersebut diungkapkan Arman pada acara pencanangan tanam serempak di Tangerang, Banten. Penambahan perlengkapan tanam tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan target produksi para petani ditahun 2016. “Tahun ini sebanyak 80.000, guna meningkatkan target produksi, kami tambah target 100.000 tahun depan,” papar Amran Sulaiman usai pencanangan tanam serempak di Tangerang, Banten, awal pekan ini.

Dikatakan, bantuan perlengkapan tanam tersebut terdiri dari transplanter, traktor tangan, serta alat irigasi seperti pompa dan selangnya. Nantinya, bantuan tersebut akan diberikan para petani dan akan dipakai secara bergantian.

“Bantuan ini memang semua orang tidak dapat satu per satu, tapi paling tidak bisa bergantian, itu bisa diatur, yang penting target per daerahnya tercapai,” tambahnya.

Selain bertujuan untuk meningkatkan target produksi, bantuan tersebut juga bertujuan agar pengusaha swasta didaerah-daerah turut memiliki atau membeli perlengkapan yang sama. “Nah, jika semua perlengkapan tersebut bisa dimiliki, maka ada dua hal yang tercapai, pertama akan meningkatkan indeks pertanaman, karena masa olah singkat. Selain itu, produktivitas hasil tanam bisa dipastikan meningkat, ada juga biaya produksi bisa turun hingga 50 persen,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Amran Sulaiman juga sempat membeberkan hasil peninjauan pencanangan gerakan pemberdayaan petani melalui kegiatan tanam serempak di Desa Rawakidang, Tangerang, Provinsi Banten. Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 500 kabupaten di 34 provinsi Indonesia sudah memulai pencanangan tanam serempak, agar produksi padi bisa ditanam secara serempak pula.

“Jika tanam pada bulan ini (Desember, red) paling tidak nantinya akan bisa dimulai panen pada bulan Februari atau Maret 2016 nanti,” katanya.

Dari tanam serempak, Amran menargetkan pada bulan Maret 2016 sudah mencapai 9 juta hektar,sedangkan pada bulan Desember 2015 sudah dicanangkan target 3 juta hektare. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top