Didaerah-daerah Ini Personil Polisi Ditambah Amankan Pilkada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Didaerah-daerah Ini Personil Polisi Ditambah Amankan Pilkada

FAJAR.CO.ID, BOGOR – Kapolri Badrodin Haiti mengatakan, Polri menurunkan sekitar 300 ribu personel untuk mengamankan pelaksanaan pemungutan suara pilkada di 264 kabupaten dan kota, setelah lima daerah ditunda. Badrodin pastikan pelaksanaan pilkada serentak tersebut sejauh ini aman terkendali.

“Ancaman tetap tak bisa kita kesampingkan. Untuk itu ada juga kewaspadaan dari BIN. Sejak kemarin sudah kami lakukan siaga satu. Kemudian dua per tiga kekuatan Polri dikerahkan,” ujar Badrodin di Istana Bogor, Selasa (8/12).

Badrodin mengatakan, meski aman, Polri tetap mendeteksi dini semua potensi ancaman. Di antarnya ketidakpuaasan pemilih maupun pasangan calon, penyimpangan dan perbuatan curang. Ia juga berharap masyarakat bisa mengawasi proses pilkada agar bisa berkualitas dan bermartabat.

Personel yang diturunkan Polri dipetakan sesuai kerawanan. Di antaranya di Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTB, Sulteng, Kalteng, Sumut, Jatim, dan Jambi.

“Semua sudah ada penebalan dari Mabes Polri. Sebanyak 2.500 untuk back up daerah yang rawan. Semoga dengan kesiapan penyelenggara dan polisi TNI bisa berjalan dengan aman,” tegas Badrodin. (flo/jpnn)

Click to comment
To Top