Dua Cabup tak Memilih Dalam Pilkada Bulukumba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Dua Cabup tak Memilih Dalam Pilkada Bulukumba

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Dua calon bupati (cabup) tidak mencoblos dalam pilkada Bulukumba, besok, Rabu 9 Desember. Kedua calon dimaksud masing-masing, Jumrana Salikki dan Masykur Andi Sultan.

Divisi teknis dan penyelenggara Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bulukumba, Ambar Rusnita mengatakan, kedua calon bupati tersebut tidak bisa memilih lantaran tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT). KTP keduanya bukan Bulukumba sehingga tidak bersyarat masuk dalam DPT.

“Informasi yang kami terima dua kandidat itu sudah pasti tidak ikut mencoblos. Itu hasil laporan lapangan. KTP mereka bukan berlamat Bulukumba,” ujarnya, Selasa 8 Desember.

Mencoblos atau tidak, bukan masalah bagi KPUD. Demikian pula yang bersangkutan tidak akan terpengaruh dengan pencalonan. Apalagi memang dalam syarat maju sebagai kepala daerah tak menyebutkan syarat mutlak kalau harus berdomisili di daerah tempat mencalonkan diri, “Kan itu tidak disyaratkan dalam UU dan aturan, jadi bisa,” katanya.

Jumrana Salikki membenarkan kalau kemungkinan tidak ikut mencoblos mengingat KTP milikinya tidak beralamat Bulukumba, meski dia merupakan putri asli Bulukumba, tepatnya di Sampeang.

Namun yang pasti jika memang undangan tak didapatkan hingga hari pemilihan, tetap akan ke TPS menemani ibunya menggunakan hak pilih. Khusus untuk wakilnya, Husbinnas Alsi akan menggunakan hak pilih di TPS di Kelurahan Ela-ela.

“Sudah saya daftarkan ke petugas pendataan, tapi saya belum dapat informasi, sampai saat ini belum ada undangan, dan mungkin tidak akan mencoblos, yah kan tidak bisa beralamat ganda kan itu melanggar, saya akan mengantar ibu saja ke TPS,” katanya.(mustaqim/jai/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top