Gempa Guncang Maluku Tengah, Ribuan Warga Haya Lari ke Gunung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Gempa Guncang Maluku Tengah, Ribuan Warga Haya Lari ke Gunung

FAJAR.CO.ID, MALUKU TENGAH–Ribuan warga Desa Haya Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah, melarikan diri ke gunung setelah gempa dengan kekuatan 6.9 SR, menimpa wilayah tersebut.

Warga lari setelah melihat gelombang besar dari arah laut menghantam pesisir pantai. “Padahal lagi air surut, seketika warga panik dan menangis, kemudian ramai-ramai lari ke gunung. Sekarang kami berada di gunung. Gelap karena sudah malam di sini.” Kata Dhalken, via telpon seluler kepada FAJAR.CO.ID, Rabu (12/9) baru saja.

Dia mengatakan, gempa tersebut sangat kuat, hingga nyaris membuat orang terjatuh karena goyangannya. Belum diketahui kerugian dari warga setempat. Gempa ini dirasakan di seluruh Kabupaten Maluku Tengah hingga Kabupaten Seram Bagian Barat.

Data BMKG yang dipublikasikan  google menunjukkan , gempa tersebut berkekuatan 6.9 SR, berada di 99 km Tenggara Kabupaten Maluku Tengah. Waktu gempa terjadi pada 09-Dec-15 17:21:49 WIB. Dijelaskan, gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI (Event ini sudah direview oleh seismologist). Namun harus tetap mewaspadai gempa susulan yang biasanya berpotensi tsunami.

BERIKUT LINK DATA GEMPA OLEH GOOGLE: http://www.google.org/publicalerts/alert?aid=f3126b5ee86b0e03&hl=id&gl=ID&source=web (fmc)

To Top