Pelaku Politik Uang Dikejar Warga, Lari Sambil Lepas Tembakan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Pelaku Politik Uang Dikejar Warga, Lari Sambil Lepas Tembakan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dugaan politik uang terjadi di Lampung, Selasa (8/12) malam. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti awalnya ada pihak menyebarkan uang kepada sekelompok orang. Namun, aksi mereka itu diketahui warga. Tak terima, warga mengejar mereka. Namun saat dikejar, pelaku melepaskan tembakan. Warga bubar, pelaku berhasil kabur.

“Oleh masyarakat kemudian dikejar, dan dia (pelaku) sambil lari mengeluarkan tembakan,” kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Rabu (9/12).

Menurut Haiti, hal itu bisa tergolong perbuatan money politic. Menurut dia, bisa saja dijerat dengan pidana pasal 149 KUHP. “Tapi, semua tergantung pembuktian nanti,” ujar mantan Kepala Baharkam Polri.

[baca juga: KPK Umumkan Harta Kekayaan Calon Kepala Daerah, Siapa yang Paling Tajir?]

[baca juga: Pilkada Serentak, Luhut: Kita Diamati Internasional]

[baca juga: Rawan Konflik, Pilkada Tangsel Dijaga 2.251 Polisi]

[baca juga: Pesan Mendagri untuk Petugas TPS]

Kini, Polri mencari pelaku yang diduga melakukan praktik politik uang (money politic) dan menggunakan senjata api tersebut.

Terpisah, mantan Sekjen Pengurus Pusat PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia) Elias Sumardi Dabur mengatakan pelaksanaan Pilkada serentak tahap pertama yang bertepatan dengan peringatan Hari Anti Korupsi, bisa menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat komitmen hadirnya pemerintahan yang baik dan bersih. Hal ini bisa dimulai dari proses perekrutan pemimpin yang bebas dari kecurangan berupa politik uang.

“Ini butuh komitmen semua baik pemerintah, penyelenggara pemilu, peserta dan juga pemilih,” kata Elias. (boy/fri/jpnn)

Click to comment
To Top