Pencoblosan di RS Dinilai Ribet – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pencoblosan di RS Dinilai Ribet

FAJAR.CO.ID, MAROS — Pemilihan Bupati-Wakil Bupati yang berlangsung hari ini, Rabu 9 Desember, KPUD Maros mesti menaruh perhatian khusus pada pemilih yang sedang dirawat di RS. Pasalnya prosedur pemilihan di RS cukup merepotkan.

KPUD Maros dibingungkan dengan banyaknya permintaan memilih dari pasien rawat inap. Ketua KPUD Maros Ali Hasan mengatakan, pasien yang ingin memilih di TPS terdekat rumah sakit harus mengurus terlebih dahulu memiliki surat pindah pemilih atau formulir A5.

Mereka harus menukar undangan memilih (C6) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) tempat ia terdaftar untuk mendapatkan A5. “Masalahnya pasien rumah sakit itu banyak, sedangkan, per TPS memiliki surat suara cadangan hanya 2,5 persen dari DPT. Misalnya di sana DPT-nya 400 surat suara cadangannya hanya 12,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk warga dan pasien yang belum memiliki C6 namun memiliki hak suara, mereka bisa menggunakan KTP dan Kartu Keluarga (KTP), namun memilih di TPS sesuai alamat TKP.

“Jam 12 siang penutupan pendaftaran‎ pemilih, bagi pemilih yang menggunakan KTP dan KK mereka memilih setelah C6 selesai. Jam 1 siang serentak melakukan perhitungan suara, jam 4 sore diperkirakan penghitungan selesai, “ jelasnya. (M Haris Syah/FAJARONLINE)

To Top