Perhatikan Makanan Anak agar Tumbuh dengan Baik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Perhatikan Makanan Anak agar Tumbuh dengan Baik

FAJAR-CO.ID, MAKASSAR – Agar anak tumbuh dengan baik, tentu orangtua harus lebih selektif dalam memilih maupun membuat makanan yang baik dikonsumsi oleh si buah hati.

Banyak sekali makanan ataupun cemilan yang seharusnya belum boleh dikonsumsi anak-anak tapi tetap saja memakannya. Disinilah peran penting orangtua untuk selektif memilih makanan untuk si anak tercinta.

Spesialis Ahli Gizi Rumah Sakit Awal Bross, dr Andi Faradillah Sp GK mengatakan, pastinya banyak makanan tidak sehat yang terbuat dari gula-gula ringan yang sederhana seperti kue-kue manis, kue coklat dan kue kering yang sering ada di rumah.

Tak masalah dikonsumsi sesekali, tetapi jangan dalam waktu yang lama. Pasalnya, sangat susah mencegah anak untuk tidak makan sembarang, jadi yang terpenting adalah bagaimana mengajarkan kepada anak  sejak dini apa yang boleh dan harus dikurangi.

“Misalnya mau makan coklat atau minum sirup. Jadi lebih tepatnya bagaimana mengingatkan anak-anak bisa mengetahui berapa banyak porsi yang sebaiknya dia makan. Intinya makanan yang harusnya dimakan utama harus tetap dikonsumsi anak daripada snack- snack,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, makanan kecil  mengandung gula sederhana. Memang pada konsumsi jangka panjang bisa menyebabkan penyakit pada anak misalnya, kelebihan berat badan tapi kalau hanya dikonsumsi jangka tiga hari ya tidak akan memberikan dampak kecuali terus menerus.

“Lebih kepada pembatasan makanan pada anak. Cuman pada anak-anak kecenderungan harus mengurangi konsumsi tepung-tepung pada makanan-makanan yang dapat menimbulkan diare atau mungkin sakit gigi,” akunya.

Click to comment
To Top