Pilwali Samarinda “Dimenangkan” Golput – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Pilwali Samarinda “Dimenangkan” Golput

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA – Pasangan Syaharie Jaang-Nusyirwan (Jaanur) memimpin perolehan suara dalam Pilwali Samarinda. Data terakhir, dengan daftar pemilih tetap (DPT) 576.811, Jaanur memperoleh 76,02 persen atau 213.110 suara. Sementara rivalnya, Mudiyat – Iswandi (MuIs) memperoleh 67.215 atau 23,98 persen suara. Namun yang “juara” adalah warga tak memilih alias golput. Golput dalam Pilwali Samarinda ini mencapai 296.486 suara.

Komisioner KPU Samarinda, Tri Wahyuni mengakui jika partisipasi warga rendah. “Kami sudah berusaha maksimal. KPU sudah melakukan sosialisasi dengan beragam inovasi,” kata Yuni. Tapi kata dia, kembali lagi peran pasangan calon juga sangat penting. “Kita tahu bahwa satu pasangan calon hanya 3 bulan diproyeksikan. Otomatis kan kurang maksimal juga sosialisasinya,” kata Yuni.

Selain itu kata dia, peran KPPS yang rata-rata baru juga sangat berpengaruh. “Khususnya dalam pembagian formulir C6 atau form undangan memilih. Banyak kami mendapatkan laporan banyak warga yang tidak menerima,” tutupnya. (liz)

To Top