Seperti Ini Komentar Papa Novanto Soal Pilkada Serentak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Seperti Ini Komentar Papa Novanto Soal Pilkada Serentak

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) hari ini mengukir catatan sejarah dalam sepanjang perjalanan pesta demokrasi di Indonesia. Untuk pertama kalinya, Pilkada berlangsung serentak secara nasional yang diikuti kurang lebih 264 wilayah yang tersebar di wilayah provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

“Meski pelaksanaan Pilkada kali ini merupakan tahap awal sebelum pelaksanaan Pilkada serentak sepenuhnya pada tahun 2027, Pilkada Serentak telah membuktikan kesadaran dan kedewasaan seluruh komponen bangsa dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara secara demokratis,” kata Ketua DPR RI Setya Novanto, Rabu (9/12).

Menurut Novanto, masyarakat Indonesia telah menyadari sepenuhnya bahwa pelaksanaan Pilkada tidak sekadar diselenggarakan sebagai implementasi demokrasi prosedural. Namun lebih dari itu, masyarakat semakin memahami bahwa demokrasi juga membutuhkan efektivitas dan efesiensi dalam meraih tujuan dan cita-citanya.

“Karena itulah, saya mengapresiasi kesepakatan seluruh stakeholder yang berkepentingan dengan pencapaian cita-cita tersebut, yang salah satunya ditunjukkan dengan pelaksanaan Pilakada secara serentak,” kata politikus Partai Golkar ini.

Pihak DPR RI maupun pemerintah telah menindaklanjuti aspirasi rakyat untuk menjadikan ajang pesta demokrasi Pilkada yang berlangsung  efektif dan efesien, baik dari segi pembiayaan maupun dari segi energi sosial dan politik untuk menyatukannya dalam satu momentum. Dengan demikian, ia berharap bisa mengimplementasikan dengan sungguh-sungguh amanat kedaulatan rakyat melalui Pilkada.

“Agar kiranya kedaulatan rakyat tersebut juga tidak terkebiri oleh hiruk-pikuk pelaksanaan Pilkada dengan energi dan biaya yang tinggi yang justru terkedanh menyisakan persoalan sosial dan politik yang kompleks,” katanya. (fri/jpnn)

To Top