5 Tahun Jadi Buronan, Mantan Bupati Temanggung Ditangkap di Kamboja – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

5 Tahun Jadi Buronan, Mantan Bupati Temanggung Ditangkap di Kamboja

FAJAR.CO.ID, MAGELANG – Mantan Bupati Temanggung, Jawa Tengah, Totok Ary Prabowo berhasil ditangkap di Kamboja, Selasa (8/12). Sebelumnya, tersangka sudah lima tahun menjadi buronan Kejaksaan Agung.

Informasi yang didapat dari Kejaksaan Negri Temanggung, penangkapan Totok dilakukan oleh Tim Intel Kejagung bersama dengan KBRI Kamboja, Badan Intelijen Negara dan Kementerian Polhukam, dibantu Kepolisian Kamboja.

“Kami masih melakukan konfirmasi dan koordinasi dengan Kejagung mengenai hal ini,” ujar Kasi Intel Kejari Temanggung, Sabar Sutrisno saat dikonfirmasi Magelang Ekspres (Fajar.co.id Group), Rabu (9/12).

Totok Ary Prabowo merupakan mantan bupati Temanggung periode 2003-2006. Ia tersangkut kasus korupsi dana bantuan pendidikan untuk putera puteri anggota dewan tahun 2004. Kasus itu merugikan keuangan negara sebesar Rp 2,089 miliar.

Totok dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang dalam sidang yang digelar secara “in absentia” Juli 2014.

Totok terbukti bersalah melanggar pasal 2 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Selain kurungan, hakim juga menjatuhkan hukuman denda sebesar Rp 300 juta. Jika tidak dibayar akan diganti dengan hukuman enam bulan penjara. Majelis hakim juga mewajibkan Totok membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 2 miliar. Hukuman penjara ini merupakan yang kedua kali dijatuhkan kepada Totok.

Sebelumnya yang bersangkutan pernah dijatuhi hukuman dalam kasus korupsi dana pemilu. Totok menghilang setelah bebas dari penjara pada 2010. (set/JPG)

loading...
Click to comment
To Top