Nurani Strategic: KPU Sukses, Partisipasi Tembus 78 Persen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Nurani Strategic: KPU Sukses, Partisipasi Tembus 78 Persen

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Soppeng dianggap sukses dalam menggenjot partisipasi pemilih dalam Pilkada Soppeng. Dalam catatan Lembaga Konsultan Politik Nurani Strategic partisipasi pemilih di pilkada Soppeng pada tanggal 9 Desember 2015 mencapai angka 78,25 persen.

Angka itu diperoleh lembaga ini menyelesaikan proses penghitungan di semua TPS. Jumlah itu meningkat drastis dibanding dengan pemilu sebelumnya. “KPU Soppeng bisa dianggap sukses dalam menggenjot partisipasi pemilih. Kehadiran pemilih di TPS adalah kunci dari kesuksesan itu,” kata Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus, Kamis 10 Desember.

Keberhasilan itu menurut mantan Ketua KPU Makassar ini karena massifnya sosialisasi yang dilakukan KPU Soppeng. Namun, faktor pendorong yang paling mempengaruhi adalah daya tarik calon yang besar. “Kedua paslon terutama Andi Kaswadi Razak punya massa fanatik yang berkeinginan besar untuk membawa figur ini ke posisi bupati,” ujarnya.

Meski mengakui keberhasilan KPU, namun Nurmal memberi catatan kepada penyelengara terutama pada pelaksanaan sosialisasi. “KPU harus lebih banyak melibatkan paslon untuk bersosialisasi. Mereka juga perlu membuka kesempatan lebih lebar dan memfasilitasi berbagai kegiatan sosialisasi yang dilakukan paslon,” tutupnya. (rls/FAJARONLINE)


Click to comment
To Top