Panwasli Disini Dicecar Karena Muncul Banyak Kasus. Katanya Gagap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Panwasli Disini Dicecar Karena Muncul Banyak Kasus. Katanya Gagap

FAJAR.CO.ID, CIANJUR – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Cianjur hingga masa pencoblosan masih terus banyak gejolak dan dinamika. Pasalnya banyak laporan pelanggaran yang dilakukan oleh pasangan calon (paslon), hingga kini masih menggantung.

Ketua Umum Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) STAI Al-Azhary Cianjur Tedi mengatakan, kinerja Panwaslu seolah gagap dalam menyikapi persoalan apapun yang terjadi di Pilkada Cianjur. Banyak kasus yang terjadi hingga masa pencoblosan belum jelas ujungnya. “Kalau kita simpulkan Panwas masih gagap dalam bertindak dan mengambil keputusan,” tutur Tedi.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cianjur Yana Sopyan menyebutkan, sebagaimana mestinya peran dan fungsi Panwaslu adalah mengawasi pemilihan umum yang diatur Undang-undang. Kinerja Panwas secara kelembagaan maupun secara individu harus netralitas, sehingga tidak termasuki angin dan tidak tebang pilih dalam mengawasinya.

“Khusus Panwas Cianjur harus lebih tajam dalam melakukan pengawasannya, karena Cianjur adalah salah satu kabupaten yang rawan konflik dalam setiap pesta demokrasi,” tuturnya.

Selama ini lanjut Yana, Panwas Cianjur masih kurang masif dalam mengawasi pemilihan bupati dan wakil bupati, sehingga masih banyak kecurangan dan kasus-kasus yang belum terselesaikan karena ketidak profesionalan Panwas dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan. “Tentunya ini juga akan banyak mengundang konflik akibat ketidak tegasannya Panwas,” jengkelnya. (radar cianjur/cr1)

loading...
Click to comment
To Top