Usir Gajah dari Kebunnya, Lelaki Ini Buat Pagar dari Sarang Lebah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Usir Gajah dari Kebunnya, Lelaki Ini Buat Pagar dari Sarang Lebah

FAJAR.CO.ID, AFRIKA – Bercocok tanam di daerah yang terdapat gajah, memiliki masalah sendiri. Bagaimana tidak, pagar yang terbuat dari kayu, terkadang tidak banyak memberi manfaat. Pasalnya, makhluk raksasa tersebut bisa masuk kapan saja dan memporak-porandakan pagar, sekaligus tanaman. Hal inilah yang sering terjadi di daerah yang terdapat ganyak gajah, seperti Afrika.

Namun atas ide seorang ahli ilmu hewan, Dr Lucy King, para petani di pedesaan Afrika tidak lagi khawatir dengan gajah yang akan merusakan tanaman mereka. Melalui proyek “Gajah dan Lebah’, Lucy memperkenalkan konsep pagar lebah.

Seperti dilasnir dari Oddtycentral.com, pagar tersebut juga memeberi dua keuntungan bagi para petani karena selain bisa menjaga kebun dari gangguan binatang, mereka juga bisamenambah pendapatan dari sarang lebah dan madunya.

Ide Lucy dalam memulai ekperimennye tersebut, ketika pertama kali ia membaca bahwa ternyata gajah menghindari pohon akasia, yang merupakan makanan kesukaannya, jia terdapat sarang lebah di dahannya. Hal ini kemudian memabutnya memulai penilitiannya. Termasuk melihat reaksi gajah ketika mendengar suara lebah yang sengaja ia putar di sebuah loudspeaker.

Hingga melalui data-data yang ia kumpulkan Lucy berhasil membuat pagar lebah tersebut. (mn)

loading...
Click to comment
To Top