WOW, Wanita Ini Tipu Telkomsel Rp 15,5 Miliar, Modusnya Begini… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

WOW, Wanita Ini Tipu Telkomsel Rp 15,5 Miliar, Modusnya Begini…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sub Direktorat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap seorang wanita berinisial S (30) terkait kasus penipuan terhadap PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Tidak tanggung-tanggung, tindakan penipuan tersebut menyebabkan PT Telkomsel merugi hingga Rp 15,5 miliar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal mengatakan S ditangkap di kediamannya yang berada di Apartemen Mediterania, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (3/12) lalu.

“Modus yang dilakukan oleh pelaku yaitu dengan melakukan pendaftaran ke Grapari terdekat untuk mendapatkan ratusan kartu Hallo Telkomsel dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu,” ujar Iqbal saat dihubungi JawaPos.com (Fajar.co.id Group), Kamis (10/12).

Iqbal menjelaskan, usai berhasil mengelabui karyawan Grapari Telkomsel, pelaku lantas mengaktifkan ratusan nomor tersebut dengan telepon genggam pribadinya dan menggunakan nomor tersebut di luar negeri untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di Indonesia dan beberapa negara lain.

Lebih lanjut, Iqbal menuturkan, akibat data diri palsu itu, Telkomsel tidak dapat melakukan penagihan biaya telepon internasional terhadap pelaku. Berdasarkan penyidikan, sebanyak 104 kartu Hallo Telkomsel yang digunakan dan dibawa pelaku keluar negeri untuk berkomunikasi.

“Penggunaan kartu Hallo yang dibawa ke luar negeri sebanyak 104 buah kartu, dengan total kerugian pihak Telkomsel sebesar 15,5 miliar rupiah,” ujar Iqbal.

Selain itu, Iqbal menambahkan, kepolisian masih melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut. Pasalnya, hasil penyidikan menunjukkan ada keterlibatan dua Warga Negara Pakistan dalam tindak penipuan itu. “Kita sudah berkoordinasi dengan Imigrasi dan Interpol untuk penerbitan terhadap kedua tersangka yang masih dicari tersebut,” ujar perwira menengah ini.

Iqbal mengungkapkan dari tangan pelaku, polisi berhasil menyita beberapa barang bukti, di antaranya 10 buah telepon genggam dan tiga rekening bank.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku dibidik dengan Pasal 33 dan atau Pasal 34 Ayat 1 huruf a dan atau Pasal 37 Jo Pasal 49 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 263 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP dan atau Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 3, 4, 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
To Top