Gerindra Berjaya di Pilkada Sulsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Gerindra Berjaya di Pilkada Sulsel

FAJAR.CO.ID, BARRU — Pilkada 11 daerah di Sulsel telah menunjukkan hasil melalui hitung cepat berbagai lembaga survei.

Hasilnya, Partai Gerindra memenangkan delapan daerah atau paling banyak usungan bupati yakni di Gowa, Bulukumba, Selayar, Lutra, Lutim, Barru, Soppeng, dan Toraja Utara. Jumlah itu bahkan melampaui target mereka yang hanya mengincar kemenangan di 4 usungan.

Ketua DPD Gerindra Sulsel La Tinro La Tunrung mengatakan capaian mereka luar biasa lantaran jauh melampaui target tersebut. Bahkan tiga dari empat kadernya yang maju bisa menang.

Yakni Ketua DPC Gerindra Selayar Basli Ali, Anggota Dewan Pembina DPD Syukri Sappewali (Bulukumba) dan Ketua DPC Gerindra Lutra Indah Putri Indriani. Kader mereka hanya tumbang di Pangkep, Kamrussamad.

La Tinro mengatakan hasil ini berkat bantuan seluruh kader, termasuk selektifnya partai menentukan usungan. Dimana DPD Gerindra Sulsel melakukan dua kali survei, sebelum merekomendasikan nama ke DPP.

Meski diakui dibeberapa daerah, DPP mengambil keputusan sendiri menentukan usungan berdasarkan pertimbangan tertentu, diakui mantan bupati Enrekang dua periode ini sebagai hal wajar.

“Pada umumnya yang menang karena intens berkomunikasi dengan saya. Seperti Basli Ali di Selayar atau Ibu Indah. Tentu capaian ini luar biasa karena kita menang di delapan daerah,” bebernya.

Hal itu tidak ditampik Sekretaris DPC Gerindra Torut Stephanus Mangatta yang mampu memenangkan paslon Kalatiku Paembonan-Yosia Rinto Kadang (Kaboro) mengalahkan petahana FB Sorring-Frederik Buntang Rombelayuk (Sobat) di Torut.

Selain komunikasinya dengan DPD terjalin, juga karena kekompakan bersama pengurus PDIP dan relawan terbangun erat. “Semua sistem, cara pemenangan merupakan bentukan dari Gerindra, PDIP, dan relawan menyatu. Kami berbagi habis. Maka namanya Tim Kaboro,” kata Stephanus yang juga Ketua DPRD Torut.

Dibawah Gerindra ada Nasdem, dan PDIP yang masing-masing memenangkan lima usungan, lalu PKS dan Demokrat empat daerah serta PAN 3 daerah. (Nasrun Nur/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top